Berusia Satu Dekade, Gojek Perkuat Fundamental Bisnis

  • Bagikan
Dari kiri ke kanan Atas: Kevin Aluwi (Co-CEO Gojek), Abdul Manan Ketua Umum AJI Indonesia, Andre Soelistyo (Co-CEO Gojek). Bawah: Nila Marita (Chief Corporate Affairs Gojek), Astrid Kusumawhardhani (Vice President Corporate Affairs Gojek), pose bersama dalam konferensi pers virtual Hari Jadi Ke-10 Gojek, Kamis (12/11).
Dari kiri ke kanan Atas: Kevin Aluwi (Co-CEO Gojek), Abdul Manan Ketua Umum AJI Indonesia, Andre Soelistyo (Co-CEO Gojek). Bawah: Nila Marita (Chief Corporate Affairs Gojek), Astrid Kusumawhardhani (Vice President Corporate Affairs Gojek), pose bersama dalam konferensi pers virtual Hari Jadi Ke-10 Gojek, Kamis (12/11).

JAKARTA (Waspada): Memasuki usia ke-10, Gojek, platform aplikasi on-demand dan pembayaran digital terdepan di Asia Tenggara akan terus memperkuat fundamental bisnis serta mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pada tahun 2020, layanan-layanan utama Gojek berhasil mencetak laba operasional di luar biaya headquarter atau dikenal dengan istilah contribution margin positive. Hal ini merupakan pencapaian luar biasa di tengah pandemi yang semakin memperkuat fundamental bisnis perusahaan untuk tumbuh secara berkelanjutan.

Pencapaian ini antara lain didorong oleh investasi yang terfokus pada sejumlah area strategis seperti inovasi produk dan layanan, otomatisasi (automation) yang berhasil meningkatkan efisiensi dan kualitas performa aplikasi Gojek, antara lain meliputi GoBiz self-serve onboarding dan CareTech ticket automation, serta investasi di sumber daya manusia di bidang teknologi.

Selain itu, fundamental perusahaan di tahun 2020 semakin kuat didukung oleh total nilai transaksi di dalam platform Gojek group (Gross transaction value – GTV) yang mencapai US$12 miliar (sekitar Rp170 triliun) atau meningkat 10% dibandingkan tahun lalu.

Pencapaian ini didorong oleh transaksi dari pengguna aktif bulanan (monthly active users) Gojek yang telah mencapai 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara. Sementara itu, GTV dari layanan pembayaran digital, GoPay, saat ini telah melampaui total GTV di masa pra-pandemi; hal ini seiring dengan semakin banyaknya konsumen dan merchant yang beralih ke layanan digital dan bertransaksi secara online.

“Gojek akan terus mendorong pertumbuhan ini dengan memfokuskan investasi di beberapa area utama di tahun 2021 and seterusnya,” kata Co-CEO Gojek Andre Soelistyo, dalam konferensi pers virtual Hari Jadi Ke-10 Gojek, Kamis (12/11).

Dukung Pertumbuhan UMKM

Andre menyebutkan, salah satu pendorong utama pertumbuhan Gojek adalah ekosistem merchant, yang jumlahnya terus bertumbuh hingga 80% menjadi 900 ribu merchant dari 500 ribu di tahun lalu. Peningkatan signifikan ini terutama didorong oleh digitalisasi merchant UMKM di masa pandemi.

“Komitmen dalam mendukung digitalisasi UMKM untuk #MelajubersamaGojek antara lain ditandai dengan dihadirkannya layanan one-stop-solution yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM untuk memudahkan layanan dan transaksi mereka secara digital,” ujarnya.

Andre Soelistyo mengatakan, memasuki usia ke-10 di saat terjadi krisis pandemi, ekosistem Gojek terus memainkan peran penting dalam mempertemukan supply dan demand, memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami juga akan terus memperkokoh komitmen dalam mendukung pertumbuhan UMKM dengan memberikan berbagai solusi komprehensif termasuk melalui layanan pembayaran dan finansial yang akan membantu usaha mereka untuk bertahan dan berkembang serta menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara,” ujarnya.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi menambahkan, dengan komitmen untuk terus memberikan peluang terhadap kehidupan yang lebih baik melalui teknologi, serta fokus kepada efisiensi bisnis, Gojek akan terus menciptakan dampak positif bagi ekosistem serta berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia dan Asia Tenggara ke depan.

“2020 adalah tahun di mana kami belajar banyak hal, sekaligus mencapai banyak hal yang membawa perusahaan jauh lebih kuat secara fundamental. Kami optimis bahwa 2021 akan menjadi tahun yang lebih baik bagi Gojek dan mitra-mitra kami,” ujarnya. (m31)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *