Waspada
Waspada » Anggota Komisi VI DPR Gandeng Kementerian Perindustrian Lakukan Bimtek IKM di Taput
Ekonomi

Anggota Komisi VI DPR Gandeng Kementerian Perindustrian Lakukan Bimtek IKM di Taput

Anggota Komisi VI DPR Lamhot Sinaga bersama dengan peserta Bimtek IKM di Taput (Ist)

JAKARTA (Wasapada): Wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumatra Utara II yang duduk di Komisi VI DPR RI, Lamhot Sinaga menggandeng Kementerian Perindustrian Republik Indonesia untuk melakukan bimbingan teknis penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru (WUB), khususnya sektor industri kecil menengah (IKM) guna menciptakan berbagai bidang usaha baru di Tapanuli Utara, (Taput). Lamhot Sinaga pun mengapresiasi keterlibatan para tenaga berpengalaman dalam pelatihan, sehingga peserta Bimtek di Taput, begitu antusias memilih jenis pelatihan, sesuai dengan karakter masyarakat sendiri.

“Saya juga bangga, beberapa peserta masih sekolah. Motivasinya melihat peluang dibidang usaha yang diyakini jadi bisnis menjanjikan dan sudah menjadi kebutuhan masyarakat,”ujar Lamhot Sinaga yang melihat langsung pelatihan Bimtek di Taput, Selasa (20/4)

Menurutmya, dengan pelatihan WUB diharapkan produksi pengrajin penjahit dari Taput dapat menghasilkan produk berdaya saing secara nasional yang direncanakan akan ditawarkan ke Kementerian Perindustrian. Hasil pelatihan Bimtek itu dikatakan berdaya guna ketika dapat menghasilkan produk dan pendapatan,” tukas Lamhot Sinaga.

Dia menambahkan Bimtek WUB menyediakan berbagai bentuk pelatihan wirausaha dan akan tetap dilaksanakan di berbagai kabupaten di Sumut. Dia mencontohkan kegiatan pelatihan barista kopi, pengelasan dan lainya sudah dilakukan di Humbang Hasundutan.

“Melalui berbagai upaya, kita dorong pemerintah untuk mendukung industri wirausaha tumbuh dan berkembang menjadi sebuah kekuatan baru sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Hasil dari Bimtek ini , kalau berhasil akan berkelanjutan dan akan diupayakan bantuan peralatan, maupun permodalan dari bank,”ujar Lamhot Sinaga yang selalu rajin mengunjungi dapil mengisi berbagai kegiatan di masa resesnya.

Direktur Industri Aneka Dan IKM Kimia,Sandang Dan Kerajinan, Kementerian Perindustrian RI Ir Ratna Utarianingrum, secara virtual kepada peserta Bimtek menegaskan Pemerintah menjamin serta memberikan peluang tumbuhnya wirausaha baru.Dengan produktivitas wirausaha adalah sebuah kekuatan bagi Indonesia.

Pihaknya menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek wirausaha ini didorong anggota DPR RI Komisi VI Lamhot Sinaga, dan Kementerian Industri mempersiapkan fasilitas dukungan. Harapannya tentu usaha dapat berkembang dan berkompetisi.

” Kami menyiapkan banyak program, seperti pengolahan makanan,pendampingan dan perlindungan kekayaan intelektual agar terjaga dan usaha bergerak maju bersama pelaku usaha,” tandasmya

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Taput, Gibson Siregar menyampaikan terimakasih kepada Lamhot Sinaga yang telah menggandeng Kementerian Perindustrian RI melaksanakan Bimtek wirausaha konveksi, service handphone dan makanan ringan. Bimtek ini dapat ditransformasikan untuk menghasilkan barang yang bernilai ekonomis.

Peserta Bimtek Meli Silaban mengakui pelatihan imi menambah pengalaman. Baik dari segi motif dan konsep permodalan. “Kita banyak belajar dari Bimtek karena kita diberikan pemahaman bagaimana kerjasama penyediaan modal dengan pihak bank. Artinya, peluang kemudahan bantuan modal itu ada dan cukup mudah,” katamya

Pelaksana kegiatan bimbingan teknis penumbuhan dan pengembangan WUB IKM di Taput ini akan berlangsung tiga hari yakni tanggal 20 – 23 April 2021 dengan peserta sebanyak 60 orang, dari Kecamatan Siborong Borong pelatihan service handphone ,Tarutung pelatihan konveksi dan Kecamatan Purbatua pelatihan pengolahan makanan. (J05)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2