Menu
Pusat Berita dan Informasi Kota Medan, Sumatera Utara, Aceh dan Nasional

ALTO Manfaatkan ACI Worldwide Fraud Management untuk Meningkatkan Pengalaman Pembayaran di Indonesia

  • Bagikan

JAKARTA, ( Waspada); 17 Maret 2022 – ACI Worldwide (NASDAQ: ACIW), pemimpin untuk software pembayaran real-time dalam skala global, hari ini mengumumkan ALTO, interbank switch terkemuka di Indonesia, telah menambahkan fitur ACI Fraud Management, ke dalam solusi Retail Payment. Dengan penambahan baru ini, interbank switch ALTO menjadi solusi pembayaran enterprise end-to-end yang tercanggih.

ALTO mengoperasikan salah satu jaringan pembayaran dan acquiring terbesar di Indonesia dan menggunakan solusi ACI untuk switching transaksi berbasis kartu. Mereka juga mengoperasikan solusi pencegahan penipuan (fraud) kelas dunia dari ACI di semua solusi pembayaran real-time dan alternatif, serta solusi merchant acquiring seperti pembayaran real-time menggunakan kode QR: peningkatan yang tepat waktu dan hati-hati, seiring dengan diperkenalkannya BI-FAST, sistem pembayaran real-time nasional pertama di Indonesia.

Penambahan ACI Fraud Management ke dalam rangkaian solusi pembayaran lengkap ACI yang dimiliki ALTO meningkatkan keamanan, kepastian, dan resiliensi kepada para nasabah raksasa jaringan ini, serta menunjukkan komitmennya untuk memastikan solusi pembayaran real-time tersebut didukung oleh infrastruktur manajemen risiko dan fraud yang juga terbaik di kelasnya.

Di saat Indonesia berlomba menuju digitalisasi, ledakan pembayaran digital telah membuat pendeteksian fraud di lembaga keuangan menjadi semakin rumit. Semakin beragamnya jenis pembayaran, volume transaksi yang melonjak, dan kecepatan yang semakin tinggi berarti bahwa lebih banyak data yang perlu diawasi dan semakin sedikit waktu untuk melakukannya.

Pembayaran real-time adalah sesuatu yang baru dan cepat, sehingga sangat menarik bagi para penjahat. Para penipu atau fraudster secara aktif mencari cara untuk mengeksploitasi titik lemah teknologi dan layanan digital yang baru lahir, sementara kecepatan pembayaran berarti uang tunai pun lebih cepat dikeluarkan (cash out). Tantangannya adalah solusi keamanan tradisional seringkali tidak bisa menerapkan policy dalam kecepatan dan skala pembayaran real-time.

“Pembayaran real-time secara radikal mengubah cara kita memandang dan merespon kejahatan dunia maya dan penipuan keuangan. Dan ancaman yang semakin canggih membutuhkan pendekatan yang lebih modern dan proaktif,” kata Leslie Choo, Managing Director, Asia Pasifik di ACI. “Ancaman real-time memerlukan data, analitik, keamanan, dan respons secara real-time juga – dan solusi inilah yang diberikan ACI kepada ALTO.”

“Kemitraan dengan ACI akan membantu ALTO menavigasi lanskap pembayaran yang kian kompleks dan berubah, sekaligus mengatasi kebutuhan akan resiliensi interoperabilitas domestik dan global, yang terus bertumbuh,” tutup Choo.

ACI adalah mitra teknologi pembayaran strategis untuk ALTO dan penerapan ACI Fraud Management memperluas hubungan jangka panjang dan terpercaya antara kedua perusahaan, yang sudah berlangsung selama ini.

Kemitraan ini membantu ALTO memenuhi persyaratan peraturan yang terus berkembang, meraih pertumbuhan pembayaran-pembayaran alternatif, dan merespon terhadap perkembangan payment gateway nasional BI-FAST di pasar Indonesia. Penambahan keamanan real-time berarti ALTO juga lebih menjaga operasional serta data nasabahnya.

“Tetap riil dan relevan menjadi perhatian utama kami, mengingat kompleksitas dan kecepatan perubahan di sektor pembayaran,” kata Patricco Baron, Chief of Product and Innovation Officer, CPIO) di ALTO. “Keamanan siber tetap menjadi investasi dan evolusi berkelanjutan karena kami ingin bisnis ini siap untuk masa depan dengan solusi terbaru dan terbaik di kelasnya, untuk memastikan kami dan para nasabah tetap terlindungi. Bersama ACI, kami ingin memastikan nasabah tetap berada di tangan yang paling aman.”

Real-time rails adalah pilar utama dari inisiatif modernisasi Asia yang lebih besar di dalam perbankan dan infrastruktur sentral. Langkah ALTO menjadi inisiatif baru di Indonesia yang bertujuan untuk membuat pembayaran real-time menjadi praktik sehari-hari menyusul peluncuran BI-Fast baru-baru ini.

Indonesia menjadi negara Asia Tenggara yang baru-baru ini melakukan upgrade infrastruktur pembayaran nasional untuk mendorong ekonomi digital dan mempercepat pertumbuhan. Ketika sistem pembayaran yang lama terus menghambat inovasi di pasar yang sudah maju, negara-negara di kawasan Asia Tenggara melakukan lompatan dengan meninggalkan teknologi-teknologi yang sudah ketinggalan zaman dan memanfaatkan infrastruktur sentral domestik yang kuat sebagai dasar untuk pembayaran digital dan lintas batas yang real time.

Tentang ACI Worldwide
ACI Worldwide adalah perusahaan software global yang menyediakan solusi pembayaran real-time yang sangat penting bagi perusahaan. Pelanggan menggunakan solusi kami yang telah terbukti, terukur, dan aman untuk memproses dan mengelola pembayaran digital, memungkinkan pembayaran omni-commerce, menyajikan dan memproses pembayaran tagihan, serta mengelola penipuan dan risiko. Kami menggabungkan jejak global kami dengan kehadiran lokal untuk mendorong transformasi digital pembayaran dan perdagangan real-time.

© Hak Cipta ACI Worldwide, Inc. 2022
ACI, ACI Worldwide, ACI Payments, Inc., ACI Pay, Speedpay, dan semua nama produk/solusi ACI adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari ACI Worldwide, Inc., atau salah satu anak perusahaannya, di Amerika Serikat, negara lain, atau keduanya. Merek dagang pihak lain yang dirujuk adalah milik dari pemiliknya masing-masing. ACI, ACI Worldwide, ACI Payments, Inc., ACI Pay, Speedpay, dan semua nama produk/solusi ACI adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari ACI Worldwide, Inc., atau salah satu anak perusahaannya, di Amerika Serikat, negara lain, atau keduanya. Merek dagang pihak lain yang dirujuk adalah milik dari pemiliknya masing-masing.

Tentang ALTO
Didirikan pada tahun 1994, PT. ALTO Network (ALTO) adalah penyedia solusi bank switching dan pembayaran digital end-to-end terkemuka di Indonesia. Dilisensikan oleh Bank Indonesia sebagai lembaga yang mengimplementasikan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), bisnis ALTO telah berkembang dari Jaringan ATM bersama, menjadi penyediaan solusi end-to-end digital dengan jaringan ATM domestik yang luas, layanan pemrosesan transaksi debit GPN, pencairan pembayaran tepat waktu, transaksi pengiriman uang lintas batas, sistem pembayaran kode QR, transaksi tanpa kartu, dan layanan bernilai tambah lainnya.

ALTO saat ini melayani 40+ bank penerbit dan bank besar dan non-bank besar, menangani lebih dari 25 juta transaksi per bulan dengan koneksi ke 100.000+ mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan 1.000.000+ mesin pengambilan data elektronik (EDC) di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.alto.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *