Akamai Akuisisi Linode untuk Menyediakan Platform Ramah Pengembang dan Terdistribusi Massal untuk Membangun, Menjalankan, dan Mengamankan Aplikasi

  • Bagikan

JAKARTA, ( Waspada); Indonesia, 21 Februari 2022 – Akamai Technologies, Inc. (NASDAQ: AKAM), solusi paling dipercaya di dunia untuk mendukung dan melindungi pengalaman digital, telah mengumumkan bahwa perusahaan ini telah menjalin kesepakatan untuk mengakuisisi Linode, salah satu penyedia platform infrastructure-as-a-service (IaaS) yang paling mudah digunakan dan tepercaya.

Pengalaman digital modern, termasuk lingkungan virtual seperti metaverse, diciptakan melalui konvergensi media, hiburan, teknologi, perdagangan elektronik, layanan keuangan, dan game online. Akamai telah menjadi mitra utama bagi para pemimpin dunia dalam industri ini selama beberapa dekade dengan mendukung dan melindungi aplikasi di multi-cloud dan multi-platform saat ini. Bersama dengan Linode, yang telah membuat penggunaan komputasi cloud sederhana, terjangkau, dan mudah diakses oleh pengembang, Akamai akan menjadi platform komputasi paling terdistribusi di dunia, mulai dari cloud hingga edge.

“Kesempatan untuk menggabungkan kemampuan komputasi cloud ramah pengembang Linode dengan layanan keamanan dan platform edge yang unggul di pasar milik Akamai adalah transformasional bagi Akamai,” kata Dr. Tom Leighton, chief executive officer dan salah satu pendiri, Akamai Technologies. “Akamai telah menjadi pelopor dalam bisnis komputasi edge selama lebih dari 20 tahun, dan saat ini kami bersemangat untuk memulai babak baru dalam evolusi kami dengan menciptakan platform cloud yang unik dalam membangun, menjalankan, dan mengamankan aplikasi mulai dari cloud hingga edge. Ini sangat menguntungkan bagi pengembang yang kini dapat membangun aplikasi di sebuah platform yang memberikan skala, jangkauan, performa, keandalan, dan keamanan yang belum pernah ada sebelumnya.”

Akamai Akuisisi Linode untuk Menyediakan Platform Ramah Pengembang dan Terdistribusi Massal untuk Membangun, Menjalankan, dan Mengamankan Aplikasi
Dr. Tom Leighton

Christopher Aker, pendiri dan chief executive officer Linode menambahkan, “Kami membangun Linode 19 tahun yang lalu untuk mendukung cloud yang lebih sederhana dan lebih mudah diakses. Seiring waktu, kami membangun platform komputasi cloud yang dipercaya oleh pengembang dan bisnis di seluruh dunia. Saat ini, para pelanggan tersebut menghadapi tantangan baru karena layanan cloud mencakup semua hal, termasuk komputasi, penyimpanan, keamanan, dan pengiriman dari inti hingga ujung. Menyelesaikan tantangan tersebut membutuhkan integrasi dan skala yang luar biasa yang ingin disatukan oleh Akamai dan Linode bersama. Ini menandai babak baru yang menarik bagi Linode dan langkah maju yang besar bagi calon pelanggan kami saat ini dan pelanggan kami di masa mendatang.”

Berdasarkan ketentuan dalam kesepakatan ini, Akamai telah setuju untuk mengakuisisi semua ekuitas Perusahaan Perseroan Terbatas Linode yang telah diterbitkan senilai sekitar $900 juta, setelah memperhitungkan penyesuaian harga pembelian. Sebagai hasil dari penataan transaksi sebagai pembelian aset, Akamai berharap dapat menghemat pajak penghasilan tunai selama 15 tahun ke depan dengan perkiraan nilai saat ini bersih sekitar $120 juta. Transaksi ini diharapkan akan ditutup pada kuartal pertama tahun 2022 dan tunduk pada ketentuan penutupan biasa.

Untuk tahun fiskal 2022, akuisisi Linode diperkirakan akan memberikan pendapatan senilai $100 juta, dan sedikit meningkatkan EPS non-GAAP dalam rentang sekitar $0,05 hingga $0,06. Akamai akan menyediakan detail tambahan mengenai Linode, bersama dengan hasil keuangan Q4 dan akhir tahun 2021 dan panduan setahun penuh dalam panggilan pendapatannya pada 15 Februari 2022, pukul 16.30 ET atau 16 Februari 2022 WIB.

Penasihat Transaksi
PJT Partners berperan sebagai penasihat keuangan dan WilmerHale berperan sebagai penasihat hukum untuk Akamai. DH Capital berperan sebagai penasihat keuangan dan Latham & Watkins berperan sebagai penasihat hukum untuk Linode.
Panggilan konferensi telah dijadwalkan pada Selasa, 15 Februari 2022 waktu ET atau 16 Februari 2022 WIB.

Akamai telah membahas tentang akuisisi Linode selama panggilan konferensi hasil keuangan Q4 dan akhir tahun 2021 pada 15 Februari 2022, pukul 16.30 waktu Bagian Timur. Panggilan juga dapat membahas panduan finansial berwawasan ke depan dari manajemen. Siaran web langsung panggilan dan slide yang mendukung dapat diakses di bagian Hubungan Investor www.akamai.com. Selain itu, pemutaran ulang akan tersedia selama dua minggu setelah konferensi melalui situs web Akamai atau dengan menelepon (855) 859-2056 (atau (404) 537-3406 untuk panggilan internasional) dan menggunakan nomor ID konferensi 7579719.
Penggunaan Ukuran Finansial Non-GAAP
Selain menyediakan ukuran finansial berdasarkan prinsip akuntansi yang diterima secara umum di Amerika Serikat (GAAP), Akamai memberikan metrik finansial tambahan yang tidak disiapkan sesuai GAAP (non-GAAP). Manajemen menggunakan ukuran finansial non-GAAP, selain dari ukuran finansial GAAP, untuk memahami dan membandingkan hasil operasional dari seluruh periode akuntansi, untuk pengambilan keputusan finansial dan operasional, untuk tujuan perencanaan dan perkiraan, untuk mengukur kompensasi eksekutif, serta untuk mengevaluasi kinerja finansial Akamai. Ukuran finansial non-GAAP yang digunakan dalam rilis ini adalah penghasilan bersih non-GAAP per laba dilusian.
Manajemen percaya bahwa ukuran finansial non-GAAP ini mencerminkan bisnis berkelanjutan Akamai dengan cara yang memungkinkan perbandingan dan analisis tren yang berarti dalam bisnis, karena membantu membandingkan hasil finansial sepanjang periode akuntansi dan dengan perusahaan sejenis. Manajemen juga memandang bahwa ukuran finansial non-GAAP ini memungkinkan para investor mengevaluasi hasil operasional dan prospek Akamai di masa mendatang dengan cara yang sama dengan manajemen. Metrik penghasilan bersih non-GAAP per laba dilusian mengecualikan biaya dan laba yang mungkin tidak biasa, jarang, atau tidak mencerminkan hasil operasional berjalan Akamai.
Ukuran finansial non-GAAP ini tidak menggantikan penyajian hasil finansial GAAP Akamai, dan sebaiknya hanya digunakan sebagai pelengkap, bukan pengganti, hasil finansial Akamai yang dipresentasikan sesuai GAAP. Untuk ukuran non-GAAP historis, Akamai telah menyediakan rekonsiliasi dari ukuran finansial non-GAAP yang digunakan dalam laporan finansial dan presentasi investor terhadap ukuran finansial GAAP yang paling dapat dibandingkan dengan ukuran finansial GAAP.

Rekonsiliasi ini dapat ditemukan di bawah keterangan “Rekonsiliasi Ukuran Finansial GAAP terhadap Non-GAAP” pada bagian Hubungan Investor situs web Akamai.
Akamai menyediakan pernyataan berwawasan ke depan dalam bentuk panduan dan bentuk ekspektasi lainnya mengenai kinerja di masa mendatang.

Pernyataan yang berwawasan ke depan ini disediakan berdasarkan non-GAAP dan tidak dapat direkonsiliasi dengan ukuran GAAP terdekat tanpa upaya tidak wajar, karena jumlah dan waktu peristiwa yang tidak mudah diprediksi yang memengaruhi item yang dikecualikan dari ukuran non-GAAP. Sebagai contoh, kompensasi berbasis saham tidak dapat diprediksi untuk pemberian berbasis kinerja Akamai, yang dapat berfluktuasi secara signifikan berdasarkan ekspektasi pencapaian target berbasis kinerja di masa mendatang.

Amortisasi aset tidak berwujud, biaya yang terkait dengan akuisisi, dan biaya restrukturisasi akan terpengaruh oleh waktu dan ukuran potensi tindakan di masa mendatang, yang sulit diprediksi. Sebagai tambahan, dari waktu ke waktu, Akamai akan mengecualikan beberapa item tertentu yang bersifat jarang yang juga sulit untuk diprediksi dan diperkirakan. Selain itu, sulit untuk memprediksi dampak pajak item yang dikecualikan dan memperkirakan item pajak tertentu, seperti penyelesaian audit pajak atau perubahan terhadap hukum pajak.

Dengan demikian, biaya yang sedang dikecualikan dari proyeksi non-GAAP sulit diprediksi dan rekonsiliasi atau rentang hasil dapat menyebabkan pengungkapan yang tidak tepat atau berpotensi menyesatkan. Perubahan material pada salah satu pengecualian bisa berdampak signifikan terhadap panduan kami dan hasil GAAP di masa mendatang.


Definisi Akamai untuk ukuran non-GAAP yang digunakan dalam siaran pers ini diuraikan di bawah:
Penghasilan bersih non-GAAP per saham dilusian – Penghasilan bersih non-GAAP dibagi dengan rata-rata tertimbang saham biasa dilusian. Rata-rata tertimbang saham dilusian yang beredar disesuaikan dalam perhitungan non-GAAP per saham untuk saham yang akan diserahkan ke Akamai sesuai dengan transaksi lindung nilai obligasi yang dilakukan sehubungan dengan penerbitan sekuritas utang dengan opsi konversi masing-masing sebesar $1.150 juta yang jatuh tempo pada tahun 2027 dan 2025.

Berdasarkan GAAP, saham yang diserahkan berdasarkan transaksi lindung nilai tidak dianggap sebagai offset saham dalam perhitungan saham dilusian penuh hingga saham tersebut diserahkan. Namun, perusahaan akan menerima manfaat dari transaksi lindung nilai obligasi dan tidak akan membiarkan dilusi terjadi, sehingga manajemen berkeyakinan bahwa penyesuaian untuk manfaat ini memberikan pandangan kinerja operasi yang signifikan.

Sehubungan dengan sekuritas utang dengan opsi konversi yang jatuh tempo pada masing-masing tahun 2027 dan 2025, kecuali jika harga saham rata-rata tertimbang Akamai masing-masing lebih besar dari $116,18 dan $95,10, harga konversi awal, tidak akan ada selisih antara rata-rata tertimbang dilusian GAAP dan non-GAAP yang beredar.
Penghasilan bersih non-GAAP – penghasilan GAAP yang disesuaikan untuk item yang dipengaruhi pajak berikut: amortisasi aset tidak berwujud yang diperoleh; kompensasi berbasis saham; amortisasi kompensasi berbasis saham modal; biaya terkait akuisisi; biaya restrukturisasi; laba dan rugi pada penyelesaian masalah hukum; biaya yang muncul terkait hibah untuk Akamai Foundation; amortisasi diskon utang dan biaya penerbitan; amortisasi biaya bunga modal; laba dan rugi tertentu pada investasi; penghasilan dan kerugian dari investasi metode ekuitas; dan item tidak berulang atau tidak biasa lainnya yang dapat timbul dari waktu ke waktu.
Penyesuaian non-GAAP, dan dasar Akamai untuk mengecualikannya dari ukuran finansial non-GAAP, diuraikan di bawah ini:
• Amortisasi aset tidak berwujud yang diperoleh – Akamai telah melakukan amortisasi aset tidak berwujud, termasuk dalam laporan keuangan GAAP, terkait dengan berbagai akuisisi yang telah dibuat Akamai. Jumlah harga pembelian akuisisi yang dialokasikan untuk aset tidak berwujud dan termin amortisasi terkaitnya dapat sangat bervariasi dan unik untuk setiap akuisisi; oleh karena itu, Akamai mengecualikan amortisasi aset tidak berwujud yang diperoleh dari ukuran finansial non-GAAP perusahaan ini untuk memberi investor dasar yang konsisten untuk membandingkan hasil operasional sebelum dan sesudah akuisisi.
• Kompensasi berbasis saham dan amortisasi kompensasi berbasis saham modal – Meski kompensasi berbasis saham merupakan aspek penting dari kompensasi yang dibayarkan kepada karyawan Akamai, nilai adil tanggal pemberian berbeda-beda berdasarkan harga saham pada saat pemberian, metodologi penilaian yang bervariasi, asumsi subjektif, dan ragam tipe pemberian.

Ini membuat perbandingan hasil finansial Akamai saat ini dengan periode sebelumnya dan masa mendatang sulit ditafsirkan; karena itu, Akamai percaya bahwa penting untuk mengecualikan kompensasi berbasis saham dan amortisasi kompensasi berbasis saham modal dari ukuran finansial non-GAAP untuk menyoroti kinerja bisnis inti Akamai dan agar konsisten dengan cara banyak investor mengevaluasi kinerjanya dan membandingkan hasil operasionalnya dengan perusahaan sejenis.
• Biaya terkait akuisisi – Biaya terkait akuisisi meliputi biaya transaksi, biaya pemberian nasihat, dan biaya langsung lainnya yang terkait dengan aktivitas strategis. Selain itu, penyesuaian selanjutnya terhadap estimasi awal perkiraan jumlah pertimbangan kontingen Akamai dan ganti rugi yang terkait dengan akuisisi spesifik disertakan dalam biaya terkait akuisisi. Jumlah ini dipengaruhi oleh waktu dan ukuran akuisisi.

Akamai mengecualikan biaya terkait akuisisi dari ukuran finansial non-GAAP perusahaan ini untuk menyediakan perbandingan hasil operasional Akamai yang berguna dengan periode sebelumnya dan dengan perusahaan sejenis karena sangat bervariasi berdasarkan besarnya transaksi akuisisi dan tidak mencerminkan operasional inti Akamai.
• Biaya restrukturisasi – Akamai telah mengeluarkan biaya restrukturisasi dari program yang telah mengubah secara signifikan lingkup bisnis yang dijalankan oleh Perusahaan atau cara bisnis tersebut dijalankan.

Biaya ini termasuk pesangon dan biaya terkait untuk pengurangan tenaga kerja, penurunan nilai aset berumur panjang yang tidak akan lagi digunakan dalam operasi (termasuk aset hak-guna, properti dan peralatan terkait fasilitas lainnya dan perangkat lunak untuk penggunaan internal) serta biaya pengakhiran untuk setiap kontrak yang dibatalkan sebagai bagian dari program ini. Akamai mengecualikan item ini dari ukuran finansial non-GAAP perusahaan ini saat mengevaluasi kinerja bisnisnya yang sedang berjalan karena item-item tersebut sangat bervariasi berdasarkan besarnya tindakan restrukturisasi dan tidak mencerminkan perkiraan biaya operasional di masa mendatang. Selain itu, biaya ini tidak serta merta memberikan wawasan yang bermakna terhadap dasar-dasar operasional bisnis perusahaan saat ini atau di masa lalu.
• Amortisasi potongan utang dan biaya penerbitan serta amortisasi pengeluaran bunga modal – Pada bulan Agustus 2019, Akamai menerbitkan sekuritas utang dengan opsi konversi yang jatuh tempo pada tahun 2027 senilai $1,150 juta dengan suku bunga kupon sebesar 0,375%. Pada bulan Mei 2018, Akamai menerbitkan sekuritas utang dengan opsi konversi yang jatuh tempo pada tahun 2025 senilai $1,150 juta dengan suku bunga kupon sebesar 0,125%. Suku bunga yang diperhitungkan dari sekuritas utang dengan opsi konversi masing-masing sebesar 3,10% dan 4,26%. Ini adalah hasil dari potongan utang yang dicatat untuk fitur konversi yang harus dianggap terpisah sebagai ekuitas menurut GAAP, sehingga mengurangi nilai pembawa dari instrumen utang yang dapat dikonversi. Potongan utang diamortisasi sebagai pengeluaran bunga bersama dengan biaya penerbitan utang tersebut. Pengeluaran bunga yang dikecualikan dari hasil non-GAAP Akamai terdiri dari komponen non-tunai ini dan tidak dan dikecualikan dari penilaian manajemen kinerja operasional perusahaan karena manajemen meyakini bahwa pengeluaran non-tunai tidak merepresentasikan kinerja operasional berjalan.
• Laba dan rugi investasi – Akamai telah mencatat laba dan rugi dari disposisi, perubahan nilai wajar, dan penurunan nilai investasi tertentu. Akamai percaya bahwa mengecualikan jumlah ini dari ukuran keuangan non-GAAP berguna bagi investor karena tipe peristiwa yang menimbulkan laba dan rugi ini tidak merepresentasikan operasi bisnis inti dan kinerja operasi yang sedang berlangsung dari Akamai.
• Penyelesaian masalah hukum – Akamai telah mengalami kerugian terkait dengan penyelesaian masalah hukum. Akamai percaya bahwa mengecualikan jumlah ini dari ukuran keuangan non-GAAP berguna bagi investor karena tipe peristiwa yang menimbulkannya tidak merepresentasikan operasi bisnis inti Akamai.
• Hibah Akamai Foundation – Akamai telah mengeluarkan biaya untuk hibah Akamai Foundation, sebuah yayasan korporasi privat yang didedikasikan untuk mendorong generasi baru teknologi dengan mendukung pendidikan matematika dan sains. Hibah pertama Akamai pada tahun 2018 membuka jalan untuk hibah permanen bagi Akamai Foundation untuk memberi yayasan ini kesempatan memperluas jangkauannya. Pada kuartal keempat tahun 2020, Akamai melengkapi hibahnya untuk mendukung berbagai inisiatif khusus guna meningkatkan keragaman dalam industri teknologi. Akamai percaya bahwa mengecualikan jumlah ini dari ukuran finansial non-GAAP berguna untuk investor karena pengeluaran yang jarang dan dilakukan hampir satu kali ini tidak merepresentasikan operasional bisnis inti mereka.
• Penghasilan dan kerugian dari investasi metode ekuitas – Akamai mencatat penghasilan atau kerugian atas bagian laba dan rugi dari investasi metode ekuitasnya. Akamai mengecualikan penghasilan dan kerugian tersebut karena tidak mengontrol langsung operasi investasi dan penghasilan dan kerugian terkait tidak mewakili operasi bisnis intinya.
• Pengaruh pajak penghasilan dari penyesuaian non-GAAP dan item pajak tertentu yang terpisah – Penyesuaian non-GAAP yang dijelaskan di atas dilaporkan atas dasar sebelum pajak. Efek pajak penghasilan dari penyesuaian non-GAAP adalah selisih antara biaya pajak penghasilan GAAP dan non-GAAP. Beban pajak penghasilan non-GAAP dihitung atas penghasilan sebelum pajak non-GAAP (penghasilan sebelum pajak GAAP disesuaikan dengan penyesuaian non-GAAP) dan tidak termasuk item pajak tertentu yang terpisah (seperti pencatatan atau pelepasan cadangan penilaian), jika ada. Akamai percaya bahwa menerapkan penyesuaian non-GAAP dan efek pajak penghasilan terkait memungkinkan Akamai untuk menyoroti penghasilan yang dapat diatribusikan ke operasi intinya.
Pernyataan Akamai Berdasarkan Undang-Undang Reformasi Litigasi Sekuritas Privat
Siaran ini dan/atau panggilan konferensi penghasilan kami yang dijadwalkan hari ini berisi informasi mengenai ekspektasi di masa mendatang, rencana dan prospek manajemen Akamai yang menggantikan pernyataan berwawasan ke depan untuk tujuan ketentuan safe harbor berdasarkan Undang-Undang Reformasi Litigasi Sekuritas Privat Tahun 1995, termasuk pernyataan mengenai ekspektasi kinerja finansial di masa mendatang dan keuntungan dari rencana akuisisi Linode.

Akamai Akuisisi Linode untuk Menyediakan Platform Ramah Pengembang dan Terdistribusi Massal untuk Membangun, Menjalankan, dan Mengamankan Aplikasi
Christopher Aker

Hasil aktual mungkin berbeda secara signifikan dari yang ditunjukkan oleh pernyataan berwawasan ke depan ini. Hal ini dikarenakan berbagai faktor penting termasuk, tetapi tidak terbatas pada, ketidakmampuan untuk terus menghasilkan uang pada tingkat yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya; kemampuan untuk menyelesaikan transaksi Linode tepat waktu atau dalam kondisi apa pun; ketidakpastian apakah manfaat yang diantisipasi dari transaksi Linode akan terwujud; ketidakpastian apakah bisnis Linode akan berhasil diintegrasikan dengan bisnis Akamai, termasuk apakah teknologi Linode akan beroperasi seperti yang diharapkan dengan teknologi Akamai yang ada; pengaruh pengumuman usual transaksi terhadap kemampuan Linode untuk menjaga hubungan dengan pelanggan utama, vendor, dan karyawannya; kegagalan investasi kami dalam inovasi untuk menghasilkan solusi yang diterima pasar; ketidakmampuan untuk meningkatkan pendapatan kita pada tingkat yang sama seperti di masa lalu dan menjaga pengeluaran kita agar tidak meningkat lebih besar dibandingkan pendapatan kita; dampak dari pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung; cacat atau gangguan pada produk atau sistem TI kami; kegagalan integrasi salah satu akuisisi kami; keterlambatan dalam pengembangan atau kegagalan untuk mengembangkan penawaran atau fungsionalitas layanan baru, dan jika dikembangkan, kurangnya penerimaan pasar atas penawaran dan fungsionalitas layanan tersebut atau kegagalan solusi tersebut untuk beroperasi seperti yang diharapkan, dan faktor-faktor lain yang dibahas dalam Laporan Tahunan Perusahaan pada Formulir 10-K, laporan triwulanan pada Formulir 10-Q, dan dokumen lain yang diajukan secara berkala ke SEC.


Sebagai tambahan, pernyataan-pernyataan dalam siaran pers ini dan panggilan investor tersebut mewakili ekspektasi dan keyakinan Akamai per tanggal siaran pers ini. Akamai mengantisipasi bahwa peristiwa dan perkembangan yang terjadi kemudian dapat menyebabkan ekspektasi dan keyakinan ini berubah.

Akan tetapi, meski Akamai dapat memilih untuk memperbarui pernyataan berwawasan ke depan ini pada masa mendatang, Akamai secara spesifik menyanggah adanya kewajiban untuk melakukannya. (m28)

  • Bagikan