banner 325x300

4 Tips Hemat Uang Bulanan Biar Bisa Menabung

  • Bagikan

Waspada –  Menabung bagi sebagian orang menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Utamanya disebabkan oleh gaya hidup yang boros, tak dibiasakan sejak dini.

Namun, tidak ada salahnya bila Anda berhemat. Sebab, dengan hidup hemat, Anda memprioritaskan kebutuhan untuk hal yang sifatnya esensial.

Hal ini bisa mulai dilakukan dengan menyisihkan sebagian penghasilan dari gaji yang diperoleh setiap bulan.

Nah, uang yang ditabung tadi tentunya bisa menjadi dana darurat yang sewaktu-waktu bisa digunakan dalam keadaan tertentu.

Mengutip Good Housekeeping, ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menabung dari penghasilan.

1. Cek Pengeluaran Bulanan Anda

Semakin Anda sadar akan apa yang Anda belanjakan, semakin kecil kemungkinan Anda untuk mengeluarkan uang terlalu banyak.

Gunakan aplikasi pencatatan keuangan gratis untuk memantau semua akun Anda di satu tempat di dasbor yang praktis. Hal ini tentunya akan berguna untuk memeriksa pola pengeluaran Anda.

2. Jangan Sering Membuang Makanan

Tanpa disadari jika kita terlalu banyak berbelanja membuat makanan yang kita beli harus terbuang.

Mulai dari sekarang, berusahalah secara sadar untuk menggunakan semua yang Anda beli dan Anda akan menghemat banyak uang.

Buat berhemat, Anda juga bisa mulai mengurangi order makanan lewat aplikasi dan memasak di rumah jauh lebih hemat.

3. Jangan Tergoda Iklan

Salah satu godaan terbesar adalah iklan di e-commerce yang menawarkan promo tertentu.

Bila tidak cermat, ini akan membuat program menabung menjadi berantakan. Jadi, cermatlah dalam berbelanja, dan Anda bisa melakukannya dengan cara yang sederhana.

Saat ini beberapa browser sudah didukung mode penelusuran pribadi atau disebut juga incognito browser.

Mode penyamaran ini menawarkan privasi, kenyamanan, dan keamanan saat Anda berselancar di internet.

Melalui mode penyamaran ini, Anda bisa menghindari iklan platform belanja online yang dapat berpengaruh pada keinginan berbelanja.

4. Manfaatkan Tunjangan Perusahaan

Selanjutnya, langkah yang bisa Anda lakukan untuk menabung adalah dengan untuk menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan sejumlah tunjangan yang diberikan oleh perusahaan tempat anda bekerja.

Misalnya, Anda bisa memanfaatkan tunjangan atau asuransi kesehatan. Tentunya ini sangat berguna terutama di saat pandemi, dan pos pengeluaran yang seharusnya keluar tersebut bisa kita sisihkan untuk menabung atau berinvestasi. (bs/m11)

  • Bagikan