165 Mahasiswa Relawan Pajak Dikukuhkan Kakanwil DJP Sumut I -

165 Mahasiswa Relawan Pajak Dikukuhkan Kakanwil DJP Sumut I

  • Bagikan
Kakanwil DJP Sumut I, Eddi Wahyudi mengalungkan tanda peserta dan penyerahan perlengkapan Relawan Pajak kepada perwakilan mahasiswa, yaitu Muhammad Irfan Arya dari USU dan Putri Enzelina Nababan dari Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia Medan, di Ruang Rapat Kanwil DJP, Medan, Rabu (17/2).
Kakanwil DJP Sumut I, Eddi Wahyudi mengalungkan tanda peserta dan penyerahan perlengkapan Relawan Pajak kepada perwakilan mahasiswa, yaitu Muhammad Irfan Arya dari USU dan Putri Enzelina Nababan dari Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia Medan, di Ruang Rapat Kanwil DJP, Medan, Rabu (17/2).

MEDAN (Waspada): Sebanyak 165 mahasiswa dari berbagai Tax Centre di beberapa perguruan tinggi di Sumatera Utara, dikukuhkan sebagai Relawan Pajak Kanwil DJP Sumut I. Relawan tersebut dilepas secara resmi oleh Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumut I, Eddi Wahyudi, di Ruang Rapat Kanwil DJP, Medan, Rabu (17/2).

Pengukuhan dan pelepasan tersebut ditandai dengan pengalungan tanda peserta dan penyerahan perlengkapan Relawan Pajak oleh Kakanwil kepada perwakilan mahasiswa, yaitu Muhammad Irfan Arya dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan Putri Enzelina Nababan dari Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia Medan. Acara tersebut dilakukan secara daring mengingat situasi Covid-19 yang wajib mengedepankan protokoler kesehatan (Prokes).

Kakanwil DJP Sumut I menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesediaan Tax Centre dan tokoh masyarakat mendukung Program Relawan Pajak.

“Ini merupakan program nasional untuk menjadikan mahasiswa dan tokoh masyarakat sebagai mitra DJP melayani masyarakat dalam memenuhi hak dan kewajibannya sebagai wajib pajak. Terutama dalam pengisian SPT PPh OP Tahun 2020 melalui E-Filing yang paling lambat harus dilaporkan pada 31 Maret 2021,” ujarnya.

Kakanwil DJP Sumut I juga berharap agar para mahasiswa yang menjadi Relawan dapat maksimal dalam menjalankan tugas dan menjadikan program ini sebagai arena pembelajaran bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja maupun melayani masyarakat sekaligus mengimbau agar para petugas DJP selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada para Relawan Pajak sehingga mereka mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Hal senada juga disampaikan oleh Koord. Bidang Publikasi dan Kerjasama ATPETSI (Asosiasi Tax Centre Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia) Sumut sekaligus Pengurus Tax Centre USU, Indra Efendi Rangkuti yang mendukung program Relawan Pajak.

“Selain menambah pengalaman para mahasiswa saat memasuki dunia kerja nantinya, program ini juga merupakan implementasi dari Tridharma Perguran Tinggi khususnya dalam hal pengabdian masyarakat,” ujar Indra yang juga staf pengajar FISIP USU.

Relawan yang dikukuhkan berasal dari 8 Tax Centre yang berada di lingkungan Kanwil DJP Sumut I yaitu Tax Centre USU, Tax Centre UMSU, Tax Centre Universitas Harapan, Tax Centre Univ.Pembangunan Panca Budi, Tax Centre Univ. Methodist, Tax Centre Univ. HKBP Nommensen, Tax Centre UMN Al Washliyah Medan, Tax Centre Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia dan Relawan Pajak yang berasal dari tokoh masyarakat yang terdiri dari konsultan pajak, tokoh-tokoh organisasi keagamaan dan sosial dan diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan para wajib pajak.

Tax Centre USU mengirimkan 38 mahasiswa yang berasal dari FISIP USU, Fak. Ekonomi dan Bisnis, Fak. Ilmu Hukum, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Kehutanan dan Fak. Ilmu Psikologi. Mereka yang telah lulus seleksi ditempatkan di KPP Pratama Medan Polonia (15 orang), KPP Pratama Medan Kota (20 orang) dan KPP Pratama Medan Timur (3 orang).

Kegiatan Relawan ini berlangsung mulai 17 Februari – 30 September 2021 dan para Relawan Pajak ini ditempatkan di seluruh Kantor Pelayanan Pajak Pratama yang berada di lingkungan Kanwil DJP Sumut I.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sumut I Bismar Fahlerie, pimpinan dan pengelola Tax Centre di lingkungan Kanwil DJP Sumut I yang tergabung dalam DPW ATPETSI Sumut, Pimpinan Organisasi Konsultan Pajak, Tokoh Masyarakat yang menjadi Relawan Pajak Tahun 2021 dan para PIC dari seluruh KPP Pratama di lingkungan Kanwil DJP Sumut I yang akan menjadi pembimbing dan pengarah dalam kegiatan Relawan Pajak 2021 ini. (m31)

  • Bagikan