Dua Tahun Dibangun, Plat Duiker Terancam Ambruk

GUNUNGTUA (Waspada) : Kondisi bangunan plat duiker yang berada di jalan desa Payabaung-Marlaung, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) terancam ambruk. Padahal bangunan itu baru dikerjakan dua tahun lalu. 

Dua Tahun Dibangun, Plat Duiker Terancam Ambruk
Kondisi jalan rusak dan bangunan plat duiker terancam amruk di Kecamatan Ujung Batu. (Waspada/Sori Parlah Harahap/B)

Pantauan Waspada, jalan lintas desa Marlaung merupakan jalur umum masyarakat 13 desa di Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Paluta. Warga yang hendak berbelanja di hari pekan di Desa Marlaung harus melintasi plat duiker tersebut. Namun warga harus ekstra hati-hati karena kondisinya hampir ambruk. 

Arman Harahap, Warga Marlaung mengaku,  bahwa bangunan jalan dan plat duiker itu bisa dikatakan masih bangunan baru, namun keadaannya sudah rusak parah.

Katanya, warga sangat kecewa dengan hasil kegiatan pembangunan jalan dan plat duiker yang berada di Kecamatan Ujung Batu. Dimana, dana yang digunakan waktu itu bernilai ratusan juta rupiah yang sumber dana dari APBD Kabupaten Padanglawas Utara, namun tidak bisa bertahan lama, dan sudah rusak parah. 

"Kami masyakat sangat kecewa dengan hasil pengerjaan jalan dan plat duiker ini, baru dua tahun dikerjakan, tapi keadaan sudah rusak parah," ujarnya.

Selain itu, kondisi jalannya yang pembangunannya bersamaan dengan bangunan pat duiker juga sudah rusak dan berlubang. "jalannya juga sangat sulit dilintasi, apalagi di musim penghujan sekarang ini, jalan digenangi air dan becek. Padahal sebelumnya sudah di aspal. Berarti pembangunannya terkesan asal jadi, " ungkapnya. 

Ia berharap, pemerintah daerah segera melakukan perbaikan, Karena jalan umum sepanjang 5 Km tersebut merupakan jalan utama menghubungkan 13 desa diwilayah Kecamatan Ujung Batu. 

Tambahnya, mewakili masyarakat ia juga meminta kepada Pemkab Paluta khususnya Dinas PU dan PR supaya tidak memperbolehkan kontraktor 'nakal' melakukan pengerjaan bangunan di Kabupaten Paluta, dan segera blacklist kontraktor yang sebelumnya mengerjakan pembangunan jalan dan plat duiker di Kecamatan Ujung Batu, harapnya. (a35/C)