DPM UNSAM Langsa Diskusi Publik

LANGSA (Waspada): Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Samudra (Unsam) Langsa menggelar Diskusi Publik bertajuk, Optimalisasi Fungsi DPD Dalam Mengawal Upaya Optimalisasi Dana OTSUS Aceh, di Gedung DPD II KNPI Kota Langsa, Minggu (17/11) malam.

DPM UNSAM Langsa Diskusi Publik
Diskusi Publik DPM Unsam Langsa  bersama Anggota DPD RI, Dr. Ir. H. Abdullah Puteh, MSi di Gedung DPD II KNPI Kota Langsa, Minggu (17/11) malam.Waspada/Munawar

Diskusi publik menghadirkan salah seorang Tokoh Aceh yakni Anggota DPD RI, Dr Ir H Abdullah Puteh, MSi  diikuti 70 peserta dengan melibatkan sejumlah organisasi mahasiswa dari Universitas Samudra, IAIN Zawiyah Cot Kala dan organisasi mahasiswa eksternal kampus dalam Wilayah Kota Langsa serta sejumlah tamu dan undangan lainnya.

Abdullah Puteh mengatakan, kondisi perekonomian yang terjadi di masyarakat Aceh masih rendah dan seharusnya dibangun dari dasar. Berfokus untuk pembangunan pertanian yang berkelanjutan sehingga peningkatan perekonomian dimulai dari rakyat kecil.

Sementara Ketua DPM UNSAM Langsa Amiruddin mengatakan, kegiatan diskusi ini lanjutan dari talkshow sebelumnya yang dilaksanakan oleh DPM Unsam mengenai otonomi khusus Aceh. 

Ia juga menjelaskan, hasil diskusi sebelumnya yang menjadi permasalahan Aceh pada saat ini mengenai Otsus yaitu pengalokasian dana yang tidak sesuai.

Lanjutnya, seharusnya pemerintah Aceh membangun kondisi ekonomi yang lebih aktif agar perekonomian rakyat meningkat dan membangun industri-industri dan membuka peluang investor masuk dan memberikan kenyamanan buat investor.

Dalam diskusi tersebut, muncul beberapa rekomendasi terhadap pemerintah Aceh diantaranya, keberlanjutan otonomi khusus Aceh akan menjadi penentuan keberlanjutan peningkatan infrastruktur dan kesejahteraan rakyat. Selain itu Pemerintah Aceh harus mampu membawa alokasi dana-dana dari kementerian untuk pembangunan Aceh.
 
Kemudian, Pemerintah Aceh harus mampu membangun industri-industri dari provinsi sampai perdesaan. Peningkatan mutu pendidikan dan penentuan jurusan yang sesuai agar selesai studi langsung bekerja. Penentuan peningkatan pendapatan melalui transportasi yang sesuai dengan kebutuhan zaman, seperti tranportasi laut dan udara.  Membuat wadah-wadah pengiriman barang dan pemasukan barang internasional. (cmw)