Disdukcapil Aceh Besar Jemput Bola Layani Adminduk 

KOTA JANTHO (Waspada): Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Aceh Besar gencar melakukan pelayanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan (Adminduk), termasuk "jemput bola" atau datang langsung ke masyarakat. "Pelayanan langsung pengurusan atau jemput bola kepada warga yang dilakukan Diisdukcapil merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan cakupan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan," kata Rahmad Sentosa, Kadisdukcapil Aceh Besar, di Gampong Punie, Kec. Darul Imarah, Sabtu (12/10).

Disdukcapil Aceh Besar Jemput Bola Layani Adminduk 
KADISDUKCAPIL Aceh Besar Rahmad Sentosa, beserta staf melakukan jemput bola administrasi kependudukan di Gampong Punie, Kec. Darul Imarah, Sabtu (12/10). Waspada/Muhammad Zairin/B

 

Menurutnya, Disdukcapil menyisir rumah warga yang belum memiliki dokumen kependudukan, seperti akte kelahiran, KIA (Kartu Identitas Anak), Kartu Keluarga (KK), KTP Elektronik dan identitas kependudukan lainnya. "Langkah ini upaya peningkatan layanan kepada masyarakat," katanya.

Ini bentuk inovasi layanan dan dapat mempercepat proses kepemilikan dokumen administrasi kependudukan yang wajib dimiliki oleh setiap warga sebagai identitas diri. "Ini amanah UU Nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan sehingga akan memberi kepastian hukum diri pribadi seseorang dan untuk mendapatkan layanan lainnya seperti BPJS, keimigrasian, perbankan dan lainnya," sebut Rahmad. 

Pada kegiatan jemput bola ini, pihaknya  menyasar masyarakat yang rentan adminduk dan pemberian 1.400 kartu identitas bagi anak usia 0 sampai 17 tahun kurang satu hari di Gampong Punie.

"Kartu identitas diri anak, sebagai salah satu hak konstitusional dan bentuk perlindungan bagi anak-anak serta salah satu persyaratan dalam menempuh berbagai jenjang pendidikan," ujarnya. 

Ditegaskan, semua layanan administrasi kependudukan dilakukan secara terpadu, terintegrasi dengan berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Saat ini Disdukcapil Aceh Besar juga sudah menerapkan tanda tangan elektronik serta seluruh layanan adminduk tidak memungut biaya alias gratis.(b06/C)