Bupati Deliserdang Lantik Dan Kukuhkan 8 Pejabat, 1 Dicopot

DELISERDANG (Waspada): Sebanyak delapan orang pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) di jajaran Pemerintah Kabupaten Deliserdang dilantik dan dikukuhkan. Sementara satu orang pejabat eselon II di jajaran Pemkab Deliserdang  diberhentikan/dicopot dari jabatannya sebagai  Kepala Dinas.

Bupati Deliserdang Lantik Dan Kukuhkan 8 Pejabat, 1 Dicopot
Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar (kiri) memberi ucapan selamat kepada H Faisal Arif Nasution yang dilantik sebagai Asisten I Setdakab Deliserdang, di Lubuk Pakam, Jumat (8/11). Waspada/HM Husni Siregar).

Hal itu diketahui pada pengambilan sumpah/janji, mengukuhan sekaligus pelantikan delapan pejabat eselon II dilingkungan Pemkab Deliserdang oleh Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan diwakili Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar di Aula Cendana kantor Bupati Deliserdang, di Lubuk Pakam, Jumat (8/11) pagi.   

Delapan pejabat yang dilantik, tiga diantaranya dikukuhkan kembali menduduki jabatan yang sama. Sedang lima lainnya, dimutasi ke instansi lain. Mereka yang dimutasi Faisal Arif  Nasution sebelumnya Kadisporabudpar dilantik sebagai Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab menggantikan Dedi Maswardy yang dimutasi sebagai Asisten III Administrasi Umum Setdakab Deliserdang.

Asisten III Setdakab H Jentralim Purba dilantik menduduki jabatan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan yang kosong setelah pejabat  lama M Tahir Siagian pensiun.

Selanjutnya Khairum Rijal Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Kadis Perkim) dimutasikan sebagai Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisporabudpar) menggantikan Faisal Arif Nasution yang dilantik sebagai Asisten I dan Ridwan Said Siregar yang sebelumnya menjabat Kadis Perpustakaan dan Arsip dimutasi menjadi Kadis Koperasi dan UKM menggantikan H Ahmad Tarmiji yang pensiun.   

Sedangkan tiga pejabat yang dikukuhkan kembali menduduki jabatan yang sama  Agus Ginting sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset, Hj Rabiatul Adawiyah Lubis sebagai Kadis Pengendalian Penduduk ,KB dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Artini Sintaria Marpaung sebagai Kadis Lingkungan Hidup.

Selain melantik dan mengukuhkan delapan pejabat eselon II, pada kesempatan itu Bupati juga  memberhentikan/mencopot jabatan Kepala Dinas Pertanian Deliserdang yang saat ini dijabat Syamsul Bahri.

Yusuf Siregar dalam pidato pelantikan mengatakan mutasi bagi pejabat eselon II sejalan dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP No 18 Tahun 2016,PP Nomor 11 Tahun 2017 dan Perda Deliserdang Nomor 3 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah merupakan penguatan alih tugas biasa yang rutin  dilakukan sesuai kebutuhan dan tuntutan organisasi.

Khusus kepada Dinas Koperasi dan UKM, Yusuf menekankan agar lebih fokus terhadap keberadaan pelaku UKM yang membutuihkan pembinaan, pelatihan dan pendampingan.

"Pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UKM harus hadir ditengah-tengah mereka  didalam mendorong pelaku UKM untuk terus berkreasi dan berinovasi didalam menghasilan produk produk UKM yang memiliki ketangguhan," tegas Yusuf.

Sedangkan kepada pejabat yang kembali dikukuhkan, Yusuf menekankan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan program dan capaian capaian yang diperoleh selama ini. (a06/cel)