Bupati Berhentikan Datok Bandung Jaya

ACEH TAMIANG (Waspada): Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil mengambil langkah tegas terhadap Datok Bandung Jaya, Kecamatan Manyak Payed, Kasmin yang diberhentikan dari jabatannya dengan tidak hormat.

Bupati Berhentikan Datok Bandung Jaya
Ilustrasi

Pemberhentian dilakukan menindaklanjuti surat permintaan Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) yang dilayangkan ke Bupati Aceh Tamiang, 16 Juni 2019 lalu.

Informasi diterima Waspada, Kamis (5/9), pemberhentian dengan tidak hormat terhadap Kasmin, Datok (kepala desa-red) Bandung Jaya berdasarkan surat keputusan Bupati Aceh Tamiang, tertanggal 23 Agustus 2019, nomor 1526 tentang pengesahan pemberhentian dengan tidak hormat dan pengangkatan pejabat Datok Penghulu Bandung Jaya, Kecamatan Manyak Payed.

Pejabat Datok Kampung Bandung Jaya yang diangkat adalah Johan Taruna yang juga menjabat sebagai Pengolah Data Program Pemerintah, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Kantor Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang. SK itu juga menyebutkan, Kasmin wajib bertanggungjawab atas laporan penyelenggaraan pemerintahan kampung kepada Bupati Aceh Tamiang.

Sementara Camat Manyak Payed, Mukhtar Hadi mengatakan, kendatipun belum menerima SK pemberhentian Kasmin sebagai Datok Kampung Bandung Jaya, tetapi keputusan ini sudah lama ditunggu masyarakat Bandung Jaya. “Apalagi semenjak Kasmin tidak pernah lagi berada di kampung, sehingga pelayanan administrasi dan pembangunan kampung terkendala,” ujarnya.

Ditegaskannya, kondisi itu jelas sangat merugikan kampung, terlebih dana desa untuk Kampung Bandung Jaya lebih besar dibanding kampung lainnya di Kecamatan Manyak Payed. “Kita harapkan dengan ditunjuknya pejabat sementara Datok Bandung Jaya, dapat membawa perubahan untuk kampung ini,” pinta Mukhtar Hadi.

Selain itu, Mukhtar Hadi juga berpesan kepada Pejabat Datok Kampung Bandung Jaya agar bisa bersinergi dengan masyarakat membangun dan mengejar semua ketertinggalan. “Tentunya saya juga sudah meminta aparat keamanan dalam hal ini Bhabinkamtibmas mengawasi jalannya roda pemerintahan serta hal lainnya untuk kemajuan Kampung Bandung Jaya,” ungkap Camat lagi.

Mukhtar Hadi menegaskan, kondisi dan kejadian yang terjadi di Kampung Bandung Jaya harus bisa menjadi pelajaran bagi kampung-kampung lainnya dalam wilayah Kecamatan Manyak Payed. “Para Datok Penghulu harus membangun komunikasi baik dengan semua unsur, tunjukkan prestasi bagi kemajuan dan pelayanan publik bagi warga kampung,” harapnya lagi.(cri/I)