Bupati Ajak Masyarakat Berkontribusi Untuk Bangun Samosir

Samosir (Waspada): Bupati Samosir Rapidin Simbolon membacakan nota pengantar atas rancangan peraturan daerah Kabupaten Samosir tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020.

Bupati Ajak Masyarakat Berkontribusi Untuk Bangun Samosir
Bupati Samosir Rapidin Simbolon membacakan nota pengantar atas Ranperda tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat di gedung DPRD Samosir Kecamatan Pangururan, Selasa (15/10).Waspada/Ist

        Dan penyampaian nota pengantar atas Ranperda inisiatif DPRD Kabupaten Samosir tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat, tanah ulayat Batak dan pemanfaatannya di gedung DPRD Samosir Kecamatan Pangururan, Selasa (15/10).

        Menurutnya, bahwa total pendapatan daerah pada tahun 2020 sebesar Rp.926 Miliar, sementara total belanja Kabupaten Samosir diproyeksikan Rp.930 Miliar. Sehingga anggaran belanja Samosir defisit Rp.4 Miliar dan pembiayaan defisit akan diambil dari Silpa 2019.

        Masih kata Bupati Samosir, sedangkan Ranperda APBD TA 2020 terdiri dari pendapatan daerah sebesar Rp.926 Miliar, meliputi PAD Rp.72 Miliar lebih. Kemudian belanja daerah sebesar Rp.854 Miliar terdiri dari belanja tidak langsung Rp.523 Miliar dan belanja langsung Rp.406, Miliar.

        "Saya juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat baik di bona pasogit (kampung halaman) maupun di perantauan untuk berbenah dan bersama berkontribusi membangun Kabupaten Samosir," harap Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

         Pada kesempatan itu, pembacaan nota pengantar turut hadir anggota DPRD Samosir, pimpinan SKPD, jajaran Polres Samosir serta seluruh tamu undangan lainnya.(chjs)