Bupati Abdya: Jangan Main-main Dalam Bekerja

BLANGPIDIE (Waspada): Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya), diingatkan agar tidak main-main dalam bekerja.

Bupati Abdya: Jangan Main-main Dalam Bekerja
Bupati Abdya Akmal Ibrahim, menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama replikasi dan adopsi aplikasi e-kinerja, antara Pemkab Abdya dan Pemko Banda Aceh di aula DPRK setempat, Rabu (7/8). Waspada/Syafrizal

Penegasan itu disampaikan Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH, saat membuka kegiatan pencanangan dan diseminasi penerapan e-kinerja di aula DPRK, Rabu (7/8).

 

Bupati Akmal menginginkan, seluruh PNS di Abdya memiliki kinerja serta karir yang bagus, melalui sebuah proses dan kesungguhan dalam berusaha. “Bekerja itu merupakan sebuah ibadah. Bahkan, dalam ajaran agama Islam juga telah mengatur tentang pentingnya bekerja,” tegasnya.

 

Dikaitkan dengan pencanangan dan diseminasi penerapan e-kinerja, antara Pemkab Abdya dengan Pemko Banda Aceh, menurut Bupati Akmal merupakan langkah, serta upaya yang tepat dalam meningkatkan kinerja PNS di Abdya.

 

Sebab katanya, dengan e-kinerja, mampu memfasilitasi PNS untuk dapat bekerja secara optimal sesuai dengan kemampuan dan akan mendapatkan penilaian dari atasan sesuai dengan yang dihasilkan. “Kerjasama antara Pemkab Abdya dan Pemko Banda Aceh terkait e-kinerja ini sangat baik. Karena dapat meningkatkan kinerja PNS agar lebih optimal. Selama ini BKPSDM Abdya, telah banyak berbuat mengenai kinerja PNS, termasuk dengan meluncurkan aplikasi SiTANGKAS,” papar Bupati Akmal.

 

Di lain pihak, Asisten Administrasi Umum Pemko Banda Aceh, Tarmizi Yahya, yang juga Ketua Tim e-kinerja mengatakan, Pemko Banda Aceh telah menerapkan aplikasi e-kinerja ini sejak tahun 2012 lalu. Hasilnya sangat memuaskan karena kinerja PNS terus meningkat, yang disesuaikan dengan kemampuan mereka masing-masing, serta mendapatkan penilaian sesuai hasil kerja.

 

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan secara mandiri oleh Pemko Banda Aceh. Aplikasi ini juga mampu mendorong seluruh PNS untuk bekerja optimal, yakni bekerja sesuai dengan apa yang ditulis dan menulis apa yang dikerjakan. “Kemampuan setiap PNS itu berbeda. Melalui aplikasi ini, mereka juga akan mendapatkan penilaian yang berbeda pula. Semuanya akan terlihat secara jelas, mana PNS yang memiliki kinerja baik dan tidak,” sebut Tarmizi.

 

Kepala BKPSDM Abdya drh Cut Hasnah Nur menjelaskan, penerapan e-kinerja di Pemkab Abdya merupakan salah satu upaya dalam menciptakan sistem pemerintahan yang e-goverment yang akuntabel, juga merupakan rekomendasi dari KPK, dalam rangka mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

 

Sebagai gambaran umum, e-kinerja merupakan salah satu aplikasi, yang digunakan untuk menganalisis kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan, beban kerja unit sebagai dasar perhitungan prestasi kerja serta pemberian insentif  kerja, yang berpedoman pada analisa jabatan dan analisa beban kerja. “Kegiatan ini akan diikuti oleh para asisten, kepala SKPK, jabatan administrator, Kasubbag umum dan Kepegawaian, jabatan pengawas dan lainnya,” pungkas Cut Hasnah Nur.

 

Kegiatan pencanangan dan diseminasi penerapan e-kinerja hari itu, dihadiri Kepala Badan Kepegawaian Aceh, Jalaluddin, SH MM, Sekda Abdya, Drs Thamrin, para asisten, staf ahli, kepala SKPK serta unsur terkait lainnya.(cza)