Presiden Joko Widodo Buka Pesta Kesenian Bali - Waspada
banner 325x300

Presiden Joko Widodo Buka Pesta Kesenian Bali

  • Bagikan
Presiden Jokowi

DENPASAR (Waspada): Presiden Joko Widodo, secara virtual membuka Pesta kesenian Bali ke- 43, di Gedung Ksirarnawa, Art Center, Kota Denpasar, Bali, Sabtu (12/6). PKB tahun ini bertema Purna Jiwa Prananing Wana Kerthi yang berarti Jiwa Paripurna Nafas Pohon Kehidupan.

“Pesta kesenian  ini merupakan bukti bahwa dalam tekanan pandemi yang sangat berat sekalipun,  kreativitas dan produktivitas karya seni masyarakat Bali tetap tumbuh sampai kemudian hadir cara-cara baru untuk terus mewarnai panggung seni dunia,” ujar, Jokowi.

Lebih dari itu, Jokowi juga  mengapresiasi tema PKB tahun ini. Jiwa paripurna sebagai nafas pohon kehidupan, mengajak manusia untuk berfokus pada pemuliaan flora fauna dan seluruh keragaman hayati. Tema itu juga menyebarkan semangat konservasi dan hidup harmonis dengan alam untuk penyembuhan terhadap berbagai bahaya dan balapenyakit seperti pandemi yang kini tengah dihadapi dunia.

“Purna jiwa prananing wana kerthi  adalah warisan susastra yang saat ini dapat dipakai untuk mengingatkan kepada kita tentang cara mencegah dan beradaptasi untuk menangani pandemi dengan disiplin protokol kesehatan,” imbuh Presiden Jokowi.

Presiden juga mengingatkan agar vaksinasi juga harus dilakukan secara cepat dan masif. Demukian pula PPKM mikro berbasis banjar dan desa adat harus diefektifkan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Kita tunjukan pada dunia, Bali adalah destinasi wisata yang sangat aman dikunjungi.  Terakhir, saya mengapresiasi upaya pemerintah daerah para seniman pekerja seni dan seluruh masyarakat Bali yang terus berkarya dan mengekspresikan karya seni dan terus mengembangkan estetika dan tradisi adiluhung kebudayaan Bali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Jokowi.

Hadir secara langsung dalam pembukaan PKB ke-43, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, Gubernur Bali, Wayan Koster, sejumlah anggota DPR RI Daeeah Pemilihan (Dapil) Bali, DPRD Provinsi Bali, para bupati dan walikota se- Bali serta puluhan seniman dan pengrajin Industri Kecil Menengah (IKM) peserta pameran.

PKB ke-43 digelar selama sebulan penuh sejak 10 Juni sampai 10 Juli.2021. Tujuannya, seperti dikatakan Wayan Koster, adalah mengangkat kembali pariwisata dan industri kerajinan Bali yang terpuruk akibat pandemi. (J02)

  • Bagikan