Pemberdayaan Masyarakat Adat Melalui Vaksinasi

  • Bagikan

SUKABUMI (Waspada): Pemerintah melakukan vaksinasi bagi Masyarakat Adat Kasepuhan Banten Kidul yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Sabtu (30/10). Vaksinasi ini diikuti oleh lebih 1.000 orang masyarakat setempat

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Didik Suhardi mengatakan, koordinasi dan kolaborasi yang kuat sangat diperlukan, sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan COVID-19.

“Ini menjadi syarat mutlak agar bersama-sama kita dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19 serta membangkitkan kembali kegiatan masyarakat terutama kegiatan budaya dan ekonomi,” ujarnya, saat meninjau langsung lokasi vaksinasi.

Didik menyatakan, kegiatan vaksinasi sampai masyarakat adat merupakan cerminan nyata koordinasi dan kolaborasi yang amat baik. Dia berharap kebersamaan ini dapat terus terjaga dan terpelihara dalam kegiatan-kegiatan lainnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan kegiatan vaksinasi masyarakat adat setelah sebelumnya dilaksanakan di Masyarakat Adat Baduy pada tanggal 14 Oktober 2021.

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Tim Koordinasi Layanan Advokasi terhadap Penganut Kepercayaan dan Masyarakat Adat yang anggotanya terdiri dari Kemenko PMK, Kemendikbudristek, KemenLHK, dan bekerjasama dengan BNPB, Mandalawangi Bergerak, Pemerintah Daerah, para tokoh masyarakat

Kegiatan ini juga didukung oleh Gerakan Solidaritas dan Kedermawanan Penanganan Covid-19 dan Bencana Lainnya, Gerakan Nasional Revolusi Mental, Humanitarian Forum Indonesia, Klik Dokter, Rumah Zakat, AMCF, dan sponsor lainnya.

Selain acara vaksinasi, kegiatan ini juga akan diisi dengan dialog dengan masyarakat adat dan Bhakti Sosial seperti pemberian 1.000 paket sembako, 380 paket sekolah, 500 handsanitizer, paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan pemberian 2.000 bibit tanaman. (J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *