Lomba Puisi Mozasa Menyambut HUT Sumpah Pemuda 2021

  • Bagikan

DUNIA literasi Indonesia sejak masa dahulu diperkaya oleh karya “masterpeace” para pujangga Indonesia asal Sumatra Utara yang beribukota Medan dengan Paris Van Deli karena penghasil tembakau berkelas ekspor ke mancanegara.

Medan juga terkenal dibanjiri para pujangga yang termashur seperti Tengku Amir Hamzah, Sutan Takdir Alisjahbana, Chairil Anwar, Yosoef Syoib, dan Mozasa (Sastrawan Pujangga Baru)  asal Medan.

Setangkai kembang Sastra yang tumbuh dan hidup di taman Sastra Sumatra Utara (1950-1960) adalah Pujangga Mozasa yang pernah menulis tentang puisi “Bahasaku”, sebagai maklumat untuk Indonesia yang bermartabat dan berjati diri.

Sekolah Pascasarjana PBSI UMN Al Washliyah didukung pelaksana teknis Komunitas Diskusi Sastra Indonesia (DIKSI) menyelenggarakan lomba baca puisi Mozasa menggunakan virtual dengan peserta siswa atau mahasiswa dengan rentang usia 14-20 Tahun yang berada di Sumatera Utara.

Tema lomba “Dari Mozasa Menuju Pemuda Pembangun Bangsa”. Setiap peserta membawakan puisi tunggal “Bahasaku” karya Mozasa. Puisi dapat diminta kepada panitia di Kantor Pascasarjana UMN Al Washliyah Jl.Garu II No.7 Sisingamangaraja Medan setiap jam kerja.

Kegiatan dilaksanakan mulai 10 September-23 Oktober 2021. Pengiriman video baca puisi para perserta 24 Oktober-26 Oktober (penilaian dewan juri) Pada 27 Oktober 2021.

Pengumuman para pemenang (juara I, II, dan III) serta Juara Harapan I, 2, dan 3. Penyerahan hadiah berupa uang, sertifikat dan sepasang pulpen cantik akan diserahkan kepada pemenang pada Sabtu, 28 Oktober 2021 di studio  UMN Channel  yang akan  dilakukan di Kampus  UMN Al Washliyah Medan.(rel)
 
 
 
 
 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *