Waspada
Waspada » Kongres Berkebaya Nasional Hasilkan Sejumlah Rekomendasi
Budaya

Kongres Berkebaya Nasional Hasilkan Sejumlah Rekomendasi

JAKARTA (Waspada): Kongres Berkebaya Nasional 2021 yang digelar Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI)  pada 5 dan 6 April berlangsung sukses.

Ketua Panitia KBN 2021, Lana T Koentjoro mengatakan, ada sejumlah rekomendasi yang dihasilkan dari kongres yang diikuti sedikitnya 1.500 orang dari dalam dan luar negeri ini.

Pertama,  perlu upaya-upaya alternatif dan afirmatif agar persepsi publik tentang penggunaan kebaya  berubah menjadi alternatif pakaian sehari-hari yang tidak menjadi beban

Disamping itu, perlunya ruang yang terbuka bagi dialektika perubahan nilai-nilai budaya dalam masyarakat tentang kebaya tanpa meninggalkan hal-hal terkait pakem berkebaya

“KBN juga berharap ada pengayaan narasi tentang peran dan fungsi kebaya sebagai “nation pride” yang mendorong tumbuhnya pembangunan karakter hingga kebanggaan personal saat menggunakan kebaya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Lana, Selasa (6/4).

Selain itu, diperlukan penggunaan kemajuan teknologi informasi dan media baru yang berbasis data dan perencanaan strategis dalam melakukan kampanye gerakan berkebaya.

‘Kita semua juga perlu melakukan kerjasama simultan lintas sektor dan stakeholder dalam kampanye gerakan berkebaya,” tandasnya.

Untuk itu, PBI juga didorong untuk proaktif melakukan kerjasama kajian dan penelitian tentang kebaya.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2