Indonesia Siapkan Jalur Rempah Sebagai  Warisan Dunia - Waspada
banner 325x300

Indonesia Siapkan Jalur Rempah Sebagai  Warisan Dunia

  • Bagikan
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid

JAKARTA (Waspada): Rekonstruksi peta jalur rempah menjadi salah satu fokus utama program Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di 2021 ini.

Fokus programnya menitikberatkan pada rekontruksi Jalur Rempah untuk mendukung penetapannya sebagai warisan dunia  atau World Heritage.

“Saat ini kami sedang menuntaskan untuk membuat peta Jalur Rempah. Titik lokasi yang sudah ditetapkan di 2020,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid dalam Taklimat Media Program Tahun 2021 yang digelar secara daring di Jakarta, Senin (11/1). 

Rencananya, tahun ini akan dijelajahi potensi kerja sama dan kolaborasi dalam rangka mengangkat narasi Jalur Rempah itu sendiri. Sehingga diharapkan secara optimistis dapat didaftarkan ke Komite Warisan Dunia UNESCO 2024 mendatang.

“Tentu dengan melihat perkembangan situasi pandemi,” ucap Hilmar Farid.  

Rempah telah diperdagangkan berabad lamanya sebelum masehi. Perdagangan ini menempuh Asia Selatan hingga Timur tengah dan Eropa, dilakukan oleh pedagang Arab dan Cina. Di masa itu rempah-rempah miliki peranan penting bagi kehidupan, mulai dari urusan citarasa masakan, hingga mengawetkan mayat.

Pesona rempah yang berasal dari berbagai kepulauan di Nusantara mampu menghadirkan para pedagang antarbangsa. Kehadiran para pedagang antarbangsa, memiliki peranan penting terhadap perkembangan budaya yang masih bisa dilihat sampai saat ini.

Jalur rempah sangat erat kaitannya dengan terbentuknya asimilasi budaya dan keterhubungan antarbangsa di Indonesia. (J02)

  • Bagikan