Balai Pengajian Terbakar Di Lhoknga

KOTA JANTHO (Waspada): Balai pengajian dan dan gudang penyimpanan barang berkonstruksi kayu di Gampong Meunasah Masjid, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, terbakar, Jumat (8/11) pagi.

Balai Pengajian Terbakar Di Lhoknga
BALAI pengajian dan dan gudang penyimpanan barang berkonstruksi kayu di belakang halaman Masjid Lamlhom, di Gampong Meunasah Masjid, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, terbakar, Jumat (8/11). Waspada/Muhammad Zairin

"Balai pengajian tersebut berada di halaman belakang Masjid Mujahidin Lamlhom dan mengalami rusak berat. Penyebab kejadian belum di ketahui pasti namun sudah dalam penanganan pihak yang berwajib," ungkap Farhan AP, Kalaksa BPBD Aceh Besar. 

Sebagaimana dilaporkan operator Pusdalops BPBD Aceh Besar, balai pengajian tersebut berkonstruksi kayu berantai dua. Lantai atas digunakan untuk balai pengajian sedangkan di lantai dasar digunakan untuk gudang penyimpanan barang. 

Informasi kebakaran bangunan itu disampaikan masyarakat ke petugas BPBD pos induk Sibreh, yang diteruskan ke petugas Damkar pos Peukan Bada untuk melakukan pemadaman. "Damkar BPBD pos Peukan Bada mengerahkan satu unit armada dibantu satu unit armada dari pos induk Sibreh," kata Farhan.

Menurut Farhan, kondisi kontruksi bangunan balai pengajian dari kayu membuat api begitu cepat menghabiskan bangunan tersebut. Sebelum petugas pemadam tiba dilokasi warga sekitar juga sudah melakukan upaya pemadaman. Namun kobaran api yang besar, membuat warga kesulitan melakukan pemadaman.

Penanganan pemadaman baru selesai dilakukan petugas pada pukul 11.15 Wib. "Api sudah dapat dipadamkan," sebut Farhan seraya menambahkan dalam penanganan itu petugas ikut didampingi TNI-Polri dari Koramil dan Polsek setempat serta warga sekitar lokasi kejadian. (b06)