Antisipasi Kebakaran, DPRD Medan Minta Pemko Sediakan Armada Mini Damkar 

MEDAN (Waspada): Antisipasi kebakaran di pemukiman padat, Pemerintah Kota (Pemko) Medan harus dapat menyediakan armada mini mobil pemadaman kebakaran (Damkar) sehingga dapat masuk ke dalam gang-gang kecil. 

Antisipasi Kebakaran, DPRD Medan Minta Pemko Sediakan Armada Mini Damkar 
Waspada/Ist

Hal ini dikatakan Ketua Sementara DPRD Medan, Hasyim SE kepada wartawan, Kamis (24/10) menanggapi beberapa kali terjadi kebakaran di pemukiman padat penduduk di Kota Medan yakni Jl S Parman pada 1 Oktober 2019 dan di Jl Sentosa Lama Medan Perjuangan pada 21 Oktober 2019. 

"Selama ini yang menjadi kendala mobil Damkar sering sekali tidak dapat menembus gang-gang kecil padat penduduk sehingga tidak dapat memadamkan api. Akhirnya banyak rumah-rumah warga yang menjadi korban amukan api," katanya. 

Pemko Medan melalui Dinas Pemadaman Kebakaran, lanjut Ketua DPC PDI P Kota Medan ini, menyediakan mobil damkar mini sangat diperlukan dan Pemko bisa mengusulkan ke Pemprovsu melalui  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi agar dapat menyediakan 
kran air khusus (hydrant) terutama di kawasan padat penduduk untuk mempermudah upaya pengendalian api jika terjadi kebakaran.

Hasyim juga minta PT PLN lebih antisipatif memperhatikan kondisi pemukiman yang mempunyai kerawanan listrik guna antisipasi terjadinya kebakaran. 

"Dari informasi, musibah ini terjadi karena korsleting arus listrik, ke depan kita minta PT. PLN lebih antisipatif memperhatikan kondisi-kondisi pemukiman yang mempunyai kerawanan listrik. Lakukan perawatan aliran listrik. Kemudian masyakat diimbau memasang anti kontak, jadi kalau ada korsleting, maka langsung padam listriknya," ucap Hasyim. 

Ia mengharapkan musibah ini bisa menjadi pelajaran bagi warga dan Pemerintah Kota Medan dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk ditinggali.

"Pemko juga diharapkan dapat memberi pelatihan ke masyarakat dalam pencegahan kebakaran dini. Kalau di Dapil saya yang mayoritas padat penduduk, sudah saya pasang 50 titik sumur bor. Jadi kalau ada kebakaran bisa langsung digunakan dalam memadamkan api sehingga kebakaran tidak memakan korban yang banyak," tuturnya. (cyn)