Amran Sinaga Didukung 19 Pengkab/Pengkot

Balon Ketum Percasi Sumut

Amran Sinaga Didukung 19 Pengkab/Pengkot
AMRAN Sinaga (4 dari kiri) bersama relawan dan insan catur menyerahkan berkas pendaftaran yang diterima Ketua Tim Penjaringan Percasi Sumut Drs PO TB Sihombing MIP, Senin (18/11). Waspada/Dedi Riono

MEDAN (Waspada): Ir H Amran Sinaga MSi resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Sumatera Utara periode 2019-2023 di Sekretariat Panitia, Jl Sei Mencirim Ujung Medan, Senin (18/11).

H Amran Sinaga mendaftar langsung didampingi Ketua Pengkab Percasi Samosir Fernando Sinaga, Sekretaris Pengkab Percasi Deliserdang Edi Raja Saragih, para relawan di antaranya Drs Hotman Torkis Siahaan, Gala Silaen, dan sejumlah insan catur Sumut.

Wakil Bupati Simalungun itu mendaftar dengan menyerahkan 19 surat dukungan Pengkab dan Pengkot Percasi. Jumlah tersebut jauh melebihi syarat minimal surat dukungan, yakni tiga Pengkab/Pengkot. Amran juga langsung membayar uang pendaftaran Rp20 juta.

Berkas pendaftaran Amran Sinaga diterima Ketua Tim Penjaringan Drs PO TB Sihombing MIP, Anggota Ir Agus Siallagan WN, dan Erhan Tarmizi WN. Hadir Ketua Panitia Musprov Percasi Sumut, Timur Panjaitan SH dan Sekretaris Revanda Bangun SPsi MH.

"Syarat pendaftaran sudah terpenuhi dan saudara Amran Sinaga menjadi Bakal Calon Ketua Percasi Sumut pertama yang telah mendaftar. Kita masih membuka pendaftaran bakal calon ketua hingga Selasa (19/11)," ujar TB Sihombing.

Usai mendaftar, Amran Sinaga mengucapkan terima kasih kepada Pengkab/Pengkot Percasi yang mendukungnya mencalonkan diri sebagai Ketua Percasi Sumut. "Tekad kami inginan membawa olahraga catur Sumut kembali bangkit. Kami yakin dengan kesungguhan dan keseriusan, olahraga catur di Sumut bisa berjaya kembali," katanya.

Amran menilai mengurus catur tidak terlalu sulit jika ada kemauan dan tekad kuat dari seluruh pengurus serta didukung berbagai pihak. "Makanya jika nanti saya dipercaya, kami akan gandeng pihak pemerintah maupun swasta untuk bersama mendukung catur," ucapnya.

Amran juga menyebutkan program kerja awal pihaknya jika mendapat amanah adalah menghidupkan Pengkab/Pengkot. "Gairah pembinaan catur harus dihidupkan di daerah-daerah dengan fokus membina pecatur junior dan Pengkab/Pengkot harus berperan aktif," ucapnya.

Drs Hotman Toskis Siahaan selaku relawan Amran Sinaga optimis sosok yang mereka dukung mampu membawa perubahan olahraga catur di Sumut ke arah yang lebih baik. Terlebih Amran punya kapasitas menjalin kerjasama pihak pemerintah dan swasta mendukung catur.

"Memajukan olahraga catur di Sumut harus diawali dengan membina pecatur junior. Ini penting terutama sebagai persiapan Sumut menjadi tuan rumah PON 2024. Kami yakin saudara Amran Sinaga punya kapasitas memajukan catur di Sumut," ucap Torkis.

Torkis pun berharap ke-19 Pengkab/Pengkot Percasi yang mengusung dan mendukung Amran Sinaga tetap komit hingga pelaksanaan Musprov Percasi Sumut yang akan digelar di Aula KONI Sumut pada 22 November 2019.

Ke-19 Pengkab/Pengkot Percasi yang mendukung Amran Sinaga adalah Deliserdang, Langkat, Binjai, Tobasa, Labura, Samosir, Taput, Labusel, Tanjungbalai, Sibolga, Palas, Siantar, Batubara, Asahan, Simalungun, Labuhanbatu, Karo, Sidimpuan, dan Mandailing Natal. (m42)