Waspada
Waspada » Bersatu Teguh
Al-bayan

Bersatu Teguh

Berpegang teguhlah kamu semuanya kepada tali Allah (agama Islam) dan janganlah kamu berpecah belah. Dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahilyah) bermusuh-musuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu bersaudara (QS: Ali Imran [3]:10).

ANDALUSIA  (Spanyol Selatan) pernah dikuasai Islam lebih kurang 800 tahun. Islam masuk Spanyol karena diundang oleh orang-orang Kristen yang berperang sesama mereka.

Panglima Islam Musabin Nusair dan Tharik Bin Ziad bahu membahu menaklukkan negeri Eropa itu. Musuh-musuh Islam gentar karena persatuan Islam yang kuat dan senjatanya sangat tangguh di zamannya.

Delapan abad lebih Islam berkuasa di Spanyol, meninggakan peradaban yang kuat, membangun kota-kota besar, masjid-masjid dan istana yang megah, meninggalkan nama-nama ilmuan dan filosuf yang terkenal, tetapi kemudian Islam dika-ahkan secara hina oleh musuh-musuhnya.

Penyebab kekalahan Islam adalah para pemimpin terjebak dalam perpecahan sehingga lemah. Para musuh melihat umat Islam  Andalusia Spanyol dalam kondisi yang lemah, keropos didalam, para pemimpin memperturutkan hawa nafsu,  Islam tinggal kulitnya saja, para pejabat saling kudeta, orang-orang kaya tidak lagi mengeluarkan zakat, para ulama banyak yang meninggalkan sunnah, para penjilat dan pelaku bid’ah semakin banyak, mata-mata non-Islam selalu memberi informasi kepada negara mereka.

Lalu mereka menyerbu Andalusia, umat Islam tak berdaya mempertahankannya. Kondisi inilah yang kita takutkan, bila sesama muslim selalu bersengketa, musuh selalu mengintip, dan  ketika kekuatan kita lemah mereka akan menyerbu dan menjajah bangsa-bangsa Islam.

Sejarah pahitnya penjajahan telah pernah dirasakan oleh bangsa ini, Belanda 350 tahun, Jepang 3,5 tahun. Penjajahan berakhir 17 Agustus1945. Semua sepakat, bahwa kemerdekaan itu adalah rahmat Allah SWT.

Umat Islam negeri ini harus  menyadari, jika kita bersatu, insyaallah kita akan kuat dan disegani oleh musuh-musuh agama, tetapi jika kita umat Islam kuat dan selalu sepakat, musuh-musuh Islam tidak berani mengganggu kita.

Karena itu umat Islam dan kaum minoritas non-Islam harus bersatu menghadapi invasi asing. Siapapun mereka harus kita lawan. Mencintai tanah air adalah wajib.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2