Waspada
Waspada » 7 HIKMAH BERKURBAN
Al-bayan

7 HIKMAH BERKURBAN

By Hasan Bakti Nasution

 

Qurban atau disebut juga dengan udh-hiyah, secara bahasa mengandung arti sebagai hewan sembelihan. Sedangkan menurut istilah qurban ialah sembelihan hewan yang dilaksanakan usai shalat Idul Adha sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hukumnya sunnah muakkad, karena memiliki banyak hikmah, paling tidak dalam 7 hal, yaitu:

1. Dengan berkurban kita turut melestarikan ibadah tertua umat yang sudah berlangsung sejak zaman Nabi Adam AS, yaitu ritual qurban dua anaknya Qabil dan Habil.

2. Dengan berkurban kita berupaya mendekatkan diri kita kepada Allah dan manusia. Secara harfiah qurban mengandung arti mendekatkan, ibadah qurban memiliki fungsi mendekatkan diri kepada Allah dalam bentuk hablum minal-Lah, dan pada saat yang sama mendekatkan diri kepada manusia dalam bentuk hablum minan-nas. Dengan kedekatan itu seseorang akan dekat kepada Allah dan kepada surga, sebagaimana makna hadits: “Orang dermawan dekat kepada Allah, manusia, dan surga, tetapi jauh dari setan dan neraka. Sedang orang kikir jauh dari Allah, manusia, dan syurga, tetapi dekat kepada setan dan neraka”.
3. Dengan berkurban kita mengikis sifat kikir atau bakhil dari dalam diri kita, paling tidak karena kita sudah mengeluarkan sebagian kekayaan kita dalam bentuk ibadah qurban tersebut.

4. Dengan berkurban kita memperoleh ketaqwaan, sesuai fungsi qurban, seperti ditegaskan firman Allah dalam al-Qur’an:
لن ينال الله لحومها ولا دمائها ولكن ينال التقوى منكم
Artinya: “Allah tidak bermaksud memperoleh darah dan daging qurban itu, melainkan ingin mengetahui tingkat ketaqwaanmu” (Q.S. al-Hajj/22: 37).

5. Dengan berkurban kita memperoleh banyak kebaikan sebanyak bulu hewan kurban yang disembelih, dan semua yang terkait dengan qurban berupa darah, daging, bulu, dan lain-lain akan menjadi saksi atas kepatuhan kita kepada perintah Allah Swt. Dengan kepatuhan itu kita yakin akan beroleh surga-Nya Allah Swt.

6. Dengan berkurban kita menghilangkan dosa dari badan seperti darah kurban yang mengalir ketika disembelih.

7. Hewan kurban akan berfungsi sebagai kenderaan kita nanti di hari Kiamat. Semakin cantik, besar dan sehat kurban yang disembelih, semakin cantik pula kenderaan yang dimiliki kelak di hari kiamat.

Selamat kepada saudara-saudara kita yang berkurban tahun ini. Bagi yang belum insya Allah tahun depan. Amin.
-=19-7-2021=-

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2