Waspada
Waspada » 10 HIKMAH & PERAN STRATEGIS ZAKAT
Al-bayan Opini

10 HIKMAH & PERAN STRATEGIS ZAKAT

 

Ibarat mesin yang setiap onderdilnya fungsional menggerakkan mesin, begitulah juga ajaran Islam juga. Setiap unsur ajarannya fungsional mewujudkan masyarakat Islam ideal yang disebut dengan “baldatun thayyib” dan beroleh keampunan dari Tuhan (“warabbun ghafur”), atau gemah ripah loh jinawe.

Zakat sebagai salah satu instrumen ajaran Islam, memiliki peran strategis dalam berbagai aspeknya yang saling terkait, sebagai berikut:L
1. Zakat akan mensucikan orang yang berzakat, khususnya zakat fitrah, 1 sha’ zakat fitrah sebagaimana digambarkan hadits setara dengan 4 mud, dan setiap mud akan membersihkan 1 unsur manusia, yaitu air, api, angin, dan tanah.

Dengan mengeluarkan zakat fitrah akan bersihkan 4 unsur manusia tersebut.
2. Zakat akan membersihan harta yang dizakati. Terhadap dua peran ini ayat al-Qur’an surat at-Taubah/9: 103 mengatakan: “Ambillah zakat dari harta mereka guna membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya do’amu itu (menumbuhkan) ketentraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui”.
3. Zakat akan menyebarkan kekayaan sehingga tidak terkonstrasi pada kelompok tertentu saja, sebagaimana diisyaratkan al-Qur’an surat “al-Hasyr/59: 7, yang artinya: “Agar harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu”.

4. Zakat akan membantu orang-orang miskin dalam memenuhi kebuthannya
5. Zakat akan menciptakan harmoni sosial karena terbentuknya rasa saling asah asih dan asuk, sebagaimana digambarkan hadits yang artinya: “Orang dermawan dekat kepada Allah, dekat kepada manusia, dan dekat ke surga tetapi jauh dari neraka. Sedangkan orang kikir jauh dari Allah, jauh dari manusia, dan jauh dari surga tetapi dekat ke neraka” (H.R. Thabrani).

6. Zakat akan bisa mengentaskan kemiskinan.

7. Zakat akan mengaktualkan jiwa kepatuhan kepada perintah Allah dalam kaitan kewajiban zakat.

8. Zakat akan mmebersihkan jiwa manusia dari penyakit-penyakit kikir dan tamaka, pelit dan rakus

9. Zakat akan membantu mengadakan kemahlahatan umum yang tidak bisa dilakukan secara individu

10. Zakat akan membuat penghuninya masuk surga, karena ia sudah dekat kepada surga sebagaimana digambarkan hadits pada poin.. di atas. Kedekatan ini ditambah dengan ibadah lain, insya Allah akan memasukkan muzakki ke dalam surga-Nya yang abadi.

(27 Ramadhan 1442 H/09 Mei 2021 M).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2