PARLEMENTARIA: Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur Pansus Untuk Mengukur Capaian Kinerja Program Demi Kepentingan Masyarakat - Waspada

PARLEMENTARIA: Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur Pansus Untuk Mengukur Capaian Kinerja Program Demi Kepentingan Masyarakat

  • Bagikan
TIM Pansus III yang diketuai oleh Irwan Effendi bersama anggotanya yang turut didampingi pihak manajemen RSUD Tamiang ketika melihat langsung dan meminta penjelasan dari pihak manajemen terkait pembangunan gedung di RSUD Tamiang. Waspada/Dok Tim Pansus III DPRK Aceh Tamiang
TIM Pansus III yang diketuai oleh Irwan Effendi bersama anggotanya yang turut didampingi pihak manajemen RSUD Tamiang ketika melihat langsung dan meminta penjelasan dari pihak manajemen terkait pembangunan gedung di RSUD Tamiang. Waspada/Dok Tim Pansus III DPRK Aceh Tamiang

PIHAK Eksekutif Kabupaten Aceh Tamiang memang ada melaksanakan berbagai kebijakan dan program untuk kepentingan Pemerintah dan masyarakat Aceh Tamiang pada APBK Aceh Tamiang Tahun Anggaran (TA) 2020 yang lalu.

Sedangkan pihak Legislatif atau DPRK Aceh Tamiang tentu saja perlu turun langsung ke berbagai lokasi untuk meninjau kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pihak Eksekutif melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPK) yang menggunakan APBK Aceh Tamiang TA 2020.

Bahkan, ungkap Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur kepada Waspada, Selasa (18/5), sesuai dengan Pasal 18 ayat (1) Permendagri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Bupati Aceh Tamiang telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) TA 2020 dalam rapat paripurna tanggal 7 April 2021 dan selanjutnya akan dilakukan pembahasan oleh DPRK Aceh Tamiang sebagaimana disebutkan dalam Pasal 19 ayat (1).

Menurut Muhammad Nur, Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang dari Partai Demokrat Kabupaten Aceh Tamiang itu lagi, untuk lebih efektif dan focus dalam melakukan pembahasan LKPJ yang memuat arahan kebijakan umum, penyelenggaraan tugas umum pemerintah dan pengelolaan keuangan daerah yang telah dilaksanakan selama Tahun Anggaran 2020 sudah dibentuk Panitia Khusus (Pansus) I, II, III dan IV.

Pansus III Bidang Keuangan, Koordinator Suprianto dan Wakil Koordinator Muhammad Nur (Wakil Ketua DPRK), Ketua Pansus III, Irwan Efendi, Juniati (Wakil Ketua), Erawati Is (Sekretaris) dan Sarhadi, Rahmad Syafrial, Desi Amelia, Puwati sebagai anggota.

Pansus IV Bidang Pembangunan terdiri dari Koordinator Suprianto dan Wakil Koordinator, Muhammad Nur, Ketua Pansus IV, Miswanto, Fitriadi (Wakil Ketua), H Tengku Rusli (Sekretaris) dan Muhammad Nasir, Tri Astuti, Siti Zaleha, Dedi Suriansyah sebagai anggota.

Muhammad Nur sebagai Wakil Koordinator Tim Pansus III dan IV menjelaskan, tujuan Tim Pansus turun ke berbagai lokasi pelaksanaan pembangunan yang menggunakan APBK Aceh Tamiang TA 2020 yang dilaksanakan oleh pihak Eksekutif melalui SKPK yang ada di Lingkungan Pemkab Aceh Tamiang adalah untuk mengukur capaian kinerja program dan kegiatan serta pelaksanaan Peraturan Daerah atau Peraturan Kepala Daerah dalam menyelenggarakan urusan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang.

“Tim Pansus yang turun ke berbagai lokasi kegiatan Pelaksanaan pembangunan bukan untuk mencari kesalahan, melainkan hal tersebut memang sudah memang perintah UU atau peraturan Perundang-undangan yang berlaku agar Ketua dan Wakil Ketua serta anggota DPRK Aceh Tamiang memang harus melaksanakan tugas dan fungsi budgeting, legislasi dan pengawasan terhadap penggunaan dana APBK Aceh Tamiang,” tegas Muhammad Nur.

Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang itu menjelaskan, Tim Pansus Komisi III melakukan peninjauan ke RSUD Tamiang, Dinas Sosial dan SKPK lainnya untuk mengukur capaian kinerja program dan kegiatan serta pelaksanaan Peraturan Daerah atau Peraturan Kepala Daerah dalam menyelenggarakan urusan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang yang menggunakan APBK Aceh Tamiang TA 2020.

Ketua Komisi III DPRK Aceh Tamiang, Irwan Effendi kepada Waspada, Selasa (18/5) mengatakan, pihaknya dari Komisi III melakukan Pansus di RSUD Tamiang untuk melihat langsung pelaksanaan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di RSUD Tamiang dan selain itu juga untuk melihat langsung pembangunan infrastruktur yang dibangun di RSUD Tamiang.

“Kunjungan kami ke RSUD Tamiang juga untuk memperoleh penjelasan terkait pelayanan kepada masyarakat dan sekaligus penjelasan terkait pembangunan infrastruktur dari pihak manajemen RSUD Tamiang,” tegas Irwan.

Sedangkan kunjungan ke Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tamiang, ungkap Irwan, adalah untuk meminta penjelasan terkait pendataan dan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat, penggunaan anggaran dan hal lainnya.

“Kami berharap agar anggaran yang digunakan benar-benar tepat sasaran dan warga yang berhak menerima bantuan sosial dan anggaran lainnya benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi kepentingan rakyat Aceh Tamiang,” tegas Irwan.

Menurut Irwan, selain yang dipansus RSUD Tamiang dan Dinas Sosial, ada juga SKPK lainnya tetap dipansus oleh Komisi III dan nantinya hasil Pansus Komisi III akan diumumkan pada sidang Paripurna LKPJ Bupati Aceh Tamiang TA 2020 yang sudah diagendakan akan berlangsung dalam waktu dekat.

Sedangkan Ketua Komisi IV, Miswanto menyatakan Komisi IV bersama Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur ada meninjau langsung pembangunan atau pengaspalan jalan Harum Sari-Pulau Tiga.

Selain itu,Tim Pansus Bidang Pembangunan ada juga datang ke lokasi untuk melihat langsung pembangunan pengaspalan jalan di Lubuk Batil, Rantau Pakam di Kecamatan Bendahara dan pembangunan jembatan di Pematang Durian, Kecamatan Sekerak yang menghubungkan Kecamatan Bandar Pusaka untuk kepentingan rakyat agar arus transportasi berjalan lancar demi kesejahteraan masyarakat.

WAKIL Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur bersama Tim Pansus IV ketika melihat langsung pembangunan abutment jembatan di Pematang Durian, Kecamatan Sekerak yang menghubungkan ke Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang. Waspada/Dok Tim Pansus IV DPRK Aceh Tamiang
WAKIL Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur bersama Tim Pansus IV ketika melihat langsung pembangunan abutment jembatan di Pematang Durian, Kecamatan Sekerak yang menghubungkan ke Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang. Waspada/Dok Tim Pansus IV DPRK Aceh Tamiang

“Nanti pada sidang Paripurna LKPJ Bupati Aceh Tamiang akan ada rekomendasi dari Tim Pansus Bidang Pembangunan,” tegasnya.

Terkait pembangunan jembatan di Pematang Durian, imbuh Muhammad Nur, dirinya sebagai Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang sangat berharap agar pada masa mendatang jembatan tersebut bisa cepat selesai dan pembangunannya benar-benar harus sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku serta jangan sampai menimbulkan persoalan hukum.

“Kalau jembatan itu nanti sudah selesai dibangun yang menggunakan uang Negara yang tidak sedikit tentu saja sangat membawa manfaat bagi masyarakat karena arus transportasi untuk warga berpergian dan mengangkut hasil pertanian serta perkebunan lebih mudah dan lancar. Kami sebagai Wakil rakyat Aceh Tamiang tetap memperhatikan dan memprioritaskan pembangunan untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur terkait tentang hasil Tim Pansus III dan IV serta hasil Pansus I dan II DPRK Aceh Tamiang tentang LKPJ Bupati Aceh Tamiang TA 2020, sesuai dengan Pasal 20 ayat (3) Pembahasan LKPJ sebagaimana dimaksud pada ayat (1), DPRK Aceh Tamiang memberikan rekomendasi sebagai bahan dalam penyusunan perencanaan pada tahun berjalan dan tahun berikutnya.

Selain itu, tegas Muhammad Nur, rekomendasi penyusunan anggaran pada tahun berjalan dan tahun berikutnya serta penyusunan Peraturan Daerah, Peraturan Kepala Daerah dan/atau Kebijakan strategis Kepala Daerah.

“Pada sidang Paripurna nanti akan disampaikan rekomendasi dari Tim Pansus I, II, III dan IV DPRK Aceh Tamiang terkait LKPJ Bupati Aceh Tamiang TA 2020, kalau sekarang belum bisa diumumkan hasil Pansus dan pada sidang Paripurna nanti diumumkan,” tegas Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur yang turut didampingi Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon, Selasa (18/5). (b14)

  • Bagikan