Waspada
Waspada » Medan, Kota Seribu Tiang Dan Kabel
Advertorial Medan

Medan, Kota Seribu Tiang Dan Kabel

TIANG serta kabel telpon, listrik dan internet yang membuat tata kota semrawut dan membuat pejalan kaki tidak nyaman. Foto diambil di Jl. Glugur Medan, Kamis (10/6). Waspada/Andy Aditya
TIANG serta kabel telpon, listrik dan internet yang membuat tata kota semrawut dan membuat pejalan kaki tidak nyaman. Foto diambil di Jl. Glugur Medan, Kamis (10/6). Waspada/Andy Aditya

MEDAN (Waspada): Keberadaan tiang dan kabel di inti Kota Medan sudah sangat memprihatinkan. Selain merusak tata keindahan kota, kenyamanan masyarakat juga terganggu.

Wajar jika masyarakat menjuluki Kota Medan ‘Kota Seribu Tiang dan Kabel’,  karena keberadaannya sangat semrawut dan manyomak.

Contohnya, di satu lokasi berdiri sampai belasan tiang, ada juga kabel yang digulung terjuntai di pinggir jalan.

Selain tiang listrik dan telepon, semrawutnya tiang-tiang dan kabel-kabel internet dari berbagai perusahaan membuat Medan Metropolitan menjadi kampungan.

‘’Sekarang Medan kota modern menjadi kampungan. Kota modern zaman sekarang tidak ada lagi tiang dan kabel di atas, tapi ditanam di bawah,’’ ucap Jaya Arjuna, pengamat tata ruang kota kepada Waspada di Medan, Jumat (11/6).

Jaya menyebutkan seharusnya pemimpin Kota Medan dalam menyikapi hal tersebut memiliki visi yang baik ke depan. ‘’Dari zaman dulu hingga sekarang, pemimpin tidak memahami apa kebutuhan kota ini. Visi wali kota penting,’’ cetusnya.

Jaya juga menyebutkan beberapa faktor yang menjadi pertimbangan untuk memasang kabel bawah tanah, di antaranya kondisi drainase yang buruk di Kota Medan.

‘’Drainase dulu yang dimantapkan, karena nantinya kabel tersebut dipasang di tabung khusus di dalam drainase. Jika drainase mantap, yang dikhawatirkan akan kebocoran pipa saat banjir dapat diminimalisir dan tertangani dengan baik,’’ ucapnya.

Oleh karena itu, kata Jaya, pemimpin harus memahami apa kebutuhan kota dengan perencanaan kota yang benar.

‘’Coba diundang ahli duduk bersama pihak terkait membahas bagaimana tentang tiang dan kabel listrik, telpon dan internet ke depan. Dimulailah dari sekarang. Kita tidak ingin kota modern jadi kota kampungan,’’ tutupnya.(m29)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2