10 Tahun Kepemimpinan HM Syarfi Hutauruk, 100% Masyarakat Telah Diasuransikan Di BPJS

10 Tahun Kepemimpinan HM Syarfi Hutauruk, 100% Masyarakat Telah Diasuransikan Di BPJS

  • Bagikan
1 Agustus 2015 Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menerima penghargaan satya lencana pembangunan bidang kependudukan. Pada peringatan Hari Keluarga Nasional yang diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Jakarta. Waspada/Ist
1 Agustus 2015 Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menerima penghargaan satya lencana pembangunan bidang kependudukan. Pada peringatan Hari Keluarga Nasional yang diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Jakarta. Waspada/Ist

SIBOLGA (Waspada): Drs. HM Syarfi Hutauruk, MM adalah wali kota ke-15 Kota Sibolga. Sebelum menjadi wali kota, Syarfi pernah menjadi tenaga pendidik (guru/PNS), wartawan selama 12 tahun dan anggota DPR-RI selama 3 periode.

Syarfi Hutauruk mengawali masa jabatan pertama sebagai wali kota pada 26 Agustus 2010 bersama wakilnya Marudut Situmorang, AP, MSP.

Di tangan Syarfi Hutauruk, kota berjuluk “Negeri Berpulang Kaum Perekat Hubungan Antar Umat Beragama” itu pun banyak mengalami perubahan. Syarfi mampu mewujudkan visi dan misinya menjadikan “Sibolga Yang Sejahtera Maju Dan Berdaya Saing”

Upayanya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dan Pemerintahan bersih (Clean Governance). Meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan pendidikan yang terjangkau bagi masyarakat, serta mengembangkan infrastruktur perkotaan dan fasilitas publik dan menata kawasan perkotaan, membuat Pemerintah Kota Sibolga meraih segudang penghargaan baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Bagi pria kelahiran Sorkam, 9 Juli 1959 silam itu, membangun sebuah kota ke arah yang lebih maju tentu tak cukup dengan waktu hanya 5 tahun. Dari itu, Syarfi ingin menyempurnakan kinerjanya membangun kota yang berpenduduk mencapai 87.626 jiwa itu dengan ikut kembali bertarung di Pilkada 2015 bergandengan dengan Edi Polo Sitanggang sebagai wakilnya.

Rupanya, keberhasilan Syarfi Hutauruk dalam memimpin Sibolga pada periode pertama ternyata mendapat penilaian dan apresiasi baik dari masyarakat. Hal ini dibuktikan Syarfi-Edi Polo berhasil meraih suara terbanyak dan menjadi pemenang untuk melanjutkan kepemimpinannya periode 2015-2020.

Pemerintah Kota Sibolga di bawah pimpinan Syarfi Hutauruk terus berbenah. Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang difokuskan pada bidang pendidikan dan kesehatan, memiliki perkembangan yang signifikan di Kota Sibolga.

Di bawah kendali Syarfi Hutauruk, pada tahun 2014, penghargaan di bidang kesehatan “Manggala Karya Bhakti Husada” telah diraih Pemko Sibolga, yakni penghargaan dari Pemerintah Pusat bagi daerah yang berhasil meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakatnya yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani disaksikan Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F Moeloek, Spm (K).

Kemudian target pemerintah pusat atas Universal Health Coverage (UHC) sebesar 95% pada tahun 2019 untuk Pemda se-Indonesia, telah berhasil diselesaikan Pemko Sibolga pada Tahun 2018. Keberhasilan ini menjadikan Kota Sibolga, meraih penghargaan di bidang kesehatan atas pencapaian (UHC) dari Presiden Republik Indonesia. Bahkan pada saat ini, 100% masyarakat kota Sibolga telah terasuransi kesehatannya.

Penghargaan lain pada bidang kesehatan pun pernah diraih Pemko Sibolga, seperti penghargaan Kota Sehat Kategori Swasti Saba Padapa dari Kementerian PMK, hingga terakreditasinya seluruh Puskesmas di Kota Sibolga dengan layanan kesehatan 24 jam.

Sedangkan pada bidang pendidikan, di masa kepemimpinan Syarfi Hutauruk, sejarah mencatat untuk kali pertama, kota Sibolga akhirnya mampu memiliki perguruan tinggi negeri, Rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Sibolga.

Persentase generasi muda Kota Sibolga, yang lulus di perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia pun, naik signifikan pasca pembangunan di bidang pendidikan yang dilakukan Syarfi Hutauruk secara terus menerus dan berkesinambungan.

Pembangunan kota modern melalui konsep smart city atau kota pintar, melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi di era 4.0, juga tak luput dari sasaran yang ingin dicapai Syarfi Hutauruk. Hal itu dimulai dengan Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Pembangunan Smart City Tahun 2018, antara Kepala Daerah dengan Dewan Smart City, berbagai layanan berbasis IT, diantaranya e-monev, e-musrembang, e-planing, e-budgeting, Perpustakaan Digital, dan berbagai aplikasi IT lainnya.

Ini tentu saja sebagai bukti keseriusan Syarfi Hutauruk mewujudkan Sibolga Smart City.

Berkat itu, akhirnya penghargaan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Kemkominfo, Semuel A Pangerapan, di ICE BSD City Pagadengan, Kota Tangerang, pada Desember 2018 berhasil diraih kota Sibolga.

Kemudian terwujudnya ruangan Command Center yang diresmikan oleh Jaksa Agung RI H.M. Prasetyo didampingi Menteri Perdagangan RI Enggartriasto Lukita, pada 25 Maret 2019, semakin menyempurnakan layanan publik berbasis IT untuk mewujudkan Sibolga Smart City.

Dalam mengatasi persoalan masyarakat yang tinggal di pemukiman padat, tidak layak huni dan kumuh. Syarfi membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah pusat. Akhirnya upaya yang ia lakukan pun tak sia-sia. Wali Kota Syarfi berhasil membawa buah tangan dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR berupa anggaran untuk membangun Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Jalan Merpati Kota Sibolga.

Kota Sibolga dengan luas wilayah 10,77 Kilometer persegi atau seratus 107.700 Ha, yang terbagi dalam 4 kecamatan memiliki potensi pada bidang perikanan dan pariwisata.

Guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui perikanan dan pariwisata. Pemerintah Kota Sibolga mengupayakan bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa alat tangkap, kapal dan asuransi bagi nelayan.

Pada sektor Pariwisata, Pemko Sibolga memiliki strategi baik untuk menjadikan kawasan itu sebagai daerah destinasi wisata. Hal itu dibuktikan dengan beberapa tempat di kota itu yang dianggap memiliki nilai jual bagi wisatawan pun kembangkan. Seperti, objek wisata Pantai Ujung Sibolga (Pajus), penataan kawasan pantai pelabuhan lama, penataan objek wisata tangga 100 dan penataan Bukit Pancuran Gerobak. Setelah itu, Pemko Sibolga kemudian mempromosikannya melalui ajang lomba Triathlon tingkat nasional dan internasional yang digelar di Kota Sibolga 2018 lalu.

Di bidang lingkungan hidup, di bawah kepemimpinan Syarfi Hutauruk, MM secara berturut-turut sejak tahun 2010-2014, Pemko Sibolga berhasil meraih penghargaan Adipura. Sebuah penghargaan dari Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Negara Lingkungan Hidup, yang diberikan kepada kabupaten atau kota yang dinilai berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan.

Sederet prestasi yang diraih tersebut menjadi alasan kuat, sehingga pada 25 Agustus 2018 lalu, Seven7 Media Asia Award 2018 memberikan anugerah “The Best Innovative Government”, “The Most Promising City” kepada HM. Syarfi Hutauruk.

Selain itu, koran SINDO juga telah menganugerahkan Kepala Daerah inovatif (KDI) 2018, kepada Syarfi Hutauruk, Demikian pula MNC Group melalui CEO MNC Group Hary Tanoesoedibyo, pun telah memberikan penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2015 Bidang Kemaritiman kepada Syarfi Hutauruk.

Syarfi Hutauruk adalah pemimpin Sibolga yang mampu menyatukan dan merangkul seluruh elemen masyarakat tanpa membedakan suku maupun agama.

 

Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menerima piala adipura dari presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono selama 3 tahun berturut-turut (2011, 2012, 2013) kategori Kota Kecil Terbersih. Waspada/Ist
Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menerima piala Adipura dari presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono selama 3 tahun berturut-turut (2011, 2012, 2013) kategori Kota Kecil Terbersih. Waspada/Ist

Berikut sederet penghargaan yang diraih oleh Pemko Sibolga di bawah kepemimpinan Drs. HM Syarfi Hutauruk, MM:

  • Penghargaan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Republik Indonesia, sebagai Terbaik 1 kategori Kerjasama (Peer Relation), dalam wilayah kerja Kanwil DJKN Sumatera Utara. Penghargaan ini disampaikan via Zoom Meeting, Kamis (26/11/20).
  • Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri, atas Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Status Kinerja Tinggi, dengan Skor 2,9856. Serta, Penghargaan dari Deputi Bidang Penguatan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional Kementerian Riset dan Teknologi, atas Keikutsertaan dalam Pemetaan Indeks Daya Saing Daerah.
  • Pemko Sibolga menerima penghargaan dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi atas predikat WTP LHP BPK. Mewakili Wali Kota Sibolga, Sekda M Yusuf Batubara menerima secara langsung DIPA dan Dana Transfer Tahun 2021 dari Gubsu. Jumat (27/11/20) di Pendopo Rumah Dinas Gubsu, di Medan. Penyerahan DIPA ini hanya dilakukan bagi Pemda yang meraih Predikat WTP.
  • Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, MM menerima plakat penghargaan Indeks Kelola (IK) 2020 dalam 2 (dua) kategori. Yaitu, Ketepatan Alokasi Bidang Ekonomi yang diserahkan oleh Direktur Riset Katadata Insight Center Mulya Amri Ph.D dan Outcome Kesehatan yang diserahkan oleh Chief Operating Officer Katadata Ade Wahyudi. Sekaligus hadir sebagai Narasumber di Katadata Regional Summit (KRS) 2020 di Chihara Ballroom Mal Alam Sutera, Tangerang, Banten, Jumat (05/11/20).
2 Oktober 2019 Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menerima 2 penghargaan dari Kanwil Dirjen Perbendaharaan, juara harapan 2 kategori pemda terbaik dalam kemandirian fiskal tahun 2018, dan juara harapan 2 pemda terbaik dalam tingkat keaktifan akses sistem informasi kredit program (SIKP) tahun 2018. Waspada/Ist
2 Oktober 2019 Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menerima 2 penghargaan dari Kanwil Dirjen Perbendaharaan, juara harapan 2 kategori pemda terbaik dalam kemandirian fiskal tahun 2018, dan juara harapan 2 pemda terbaik dalam tingkat keaktifan akses Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) tahun 2018. Waspada/Ist

Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang berkaitan dengan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, IPM Kota Sibolga di atas rata-rata nasional. Sibolga yang begitu kecil, yang tadinya tidak diperhitungkan sekarang IPM masyarakatnya berjumlah 74, 31%. Pemerintah Kota Sibolga sesuai dengan Undang-Undang Dasar Tahun 1945, total Anggaran di Sektor Pendidikan pernah mencapai 28% dan sebelum adanya Covid-19 pernah mencapai hampir 30% dari total APBD untuk sektor pendidikan.

Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menerima penghargaan dari 7 Media Asia. Waspada/Ist
Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menerima penghargaan dari 7 Media Asia. Waspada/Ist
  • Wali Kota Sibolga pernah menerima penghargaan atas partisipasi dan dukungan pada pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020, yang diserahkan langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di Aula Nusantara Kantor Wali Kota Sibolga, Senin (07/09/20).
  • Pemko Sibolga menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan atas Pendaftaran Tenaga Harian Lepas (THL) ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), yang diserahkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Bernat Sibarani, S.Kom, MM, AAK,CDCS di Pasar Sibolga Nauli, Jumat (16/10/20).
  • Pemko Sibolga menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2020 dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Prestasi ini diumumkan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, melalui Video Conference (VidCon) bersama Pemda se-Sumut, pada Kamis (23/04/20).
  • Tax Gathering Tahun 2020 gelaran Kantor Penerimaan Pajak (KPP) Pratama Sibolga, Wali Kota menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara II Ramadhaniah dengan kategori Bersinergi Mendukung Penerimaan Pajak Pusat (BMP3).
  • Pemko Sibolga di bawah kepemimpinan Wali Kota H.M Syarfi Hutauruk menerima Penghargaan sebagai Kota Peduli HAM Tahun 2019 dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia. Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan pada acara peringatan hari HAM Sedunia ke-71, yang dilaksanakan di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika, Kota Bandung Jawa Barat, Selasa (10/12/19).
  • Wali Kota Sibolga meraih penghargaan ‘The Best Innovative Government Figures 2020’ pada ajang Indonesian The Best Innovative Figures Awards 2020, yang digelar oleh Seven7 Media Asia, di Harris Hotel and Residences, Sunset Road, Bali, Jumat (23/10/20).

Ajang Indonesian The Best Innovative Figures Awards 2020 ini, adalah ajang apresiasi kepada para tokoh yang berasal dari berbagai latar belakang profesi. Pemerintahan, Parlemen, Pendidikan, Bisnis, dan Profesional lainnya, yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap perubahan menuju tercapainya Indonesia Maju.

  • Wali Kota Sibolga, H.M Syarfi Hutauruk menerima penghargaan Kota Sehat Tingkat Nasional Kategori SWASTI SABA PADAPA yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI Jenderal Polisi (Purn) Prof H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. Penghargaan ini diserahkan di ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri RI Jakarta, Selasa (19/11/19) pagi. Kota Sibolga terpilih sebagai 6 (enam) besar Kota Sehat se-Indonesia.
  • Penghargaan atas kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga. Ketua KPU Kota Sibolga Khalid Walid, SE, menyerahkan langsung piagam penghargaan ini kepada Wali Kota, di Ruang Kerja Wali Kota Sibolga, Selasa (05/11/19).
  • Kota Sibolga berhasil terpilih sebagai Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama Tahun 2019, pada Malam Puncak Penghargaan KLA Tahun 2019 se-Indonesia. Digelar di Hotel Four Points, Jalan Andi Jemma Nomor 130, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/07/19). Penghargaan KLA untuk Kota Sibolga ini, diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise. Penghargaan ini merupakan bukti komitmen dan kepedulian Wali Kota Sibolga, terhadap kehidupan dan masa depan anak di kota Sibolga. Penghargaan ini juga merupakan bentuk pengakuan Pemerintah Pusat, bahwa Kota Sibolga sesuai standar nasional, merupakan kota tempat tinggal yang layak bagi anak, selaku generasi penerus bangsa.
  • Penghargaan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Kemkominfo, Semuel A Pangerapan, di ICE BSD City Pagadengan, Kota Tangerang, Jumat (14/12/2018).
  • Pemko Sibolga menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik II (Kedua) Tahun 2019, untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubsu Edy Rahmayadi.
  • Pemko Sibolga menerima penghargaan sebagai TPID Terbaik Untuk Wilayah Kerja Perwakilan BI Sibolga, Senin (26/11/2018). Penghargaan ini diberikan kepada Pemko Sibolga atas penilaian BI bahwa kinerja Pemko Sibolga sebagai Pemda terbaik di wilayah kerja Perwakilan BI Sibolga yang telah berhasil menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga barang dan jasa.
  • Wali Kota Syarfi Hutauruk meraih penghargaan sebagai salah satu Kepala Daerah Inovatif, di Malam penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2018. Dilaksanakan di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Kamis (30/08/2018).
  • Pemko Sibolga menerima penghargaan “Raskin Award” yang diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Aula Gedung Bina Graha Pemprovsu, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 21 A, Medan, Jumat (26/10/2018).
  • Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menerima penghargaan atas pencapaian Universal Health Coverage (UHC) dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/5/2018).
  • Pemko Sibolga menerima penghargaan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Provinsi Sumatera Utara, yang menobatkan Pemerintah Kota Sibolga sebagai Pemerintah Daerah Terbaik III dalam hal Kinerja Kemandirian Fiskal Tertinggi. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara, pada acara Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kajian Penyaluran Transfer ke Daerah, Jumat (19/10/2018) di Kota Medan.

Belum semua prestasi yang berhasil diraih oleh Pemko Sibolga di bawah kepemimpinan Syarfi Hutauruk disebutkan di sini.

Terakhir, 9 Desember 2020 kemarin. Kota Sibolga menjadi salah satu daerah yang ikut melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Berkat hubungan dan komunikasi yang dibangun oleh Wali Kota Sibolga dengan semua pihak dan elemen masyarakat, membuat pelaksanaan Pilkada di Kota Sibolga berjalan dengan tertib, aman dan sejuk. (c03)

  • Bagikan