YARA Lapor, Polisi Tangkap Oknum Karyawan BRI

YARA Lapor, Polisi Tangkap Oknum Karyawan BRI

  • Bagikan
YARA Abdya Sarankan Penyidik Gandeng TPPU. Erisman SH, Sekretaris YARA Perwakilan Abdya. Waspada/Syafrizal
YARA Abdya Sarankan Penyidik Gandeng TPPU. Erisman SH, Sekretaris YARA Perwakilan Abdya. Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada): YARA lapor, Polisi tangkap oknum Karyawan BRI atas dugaan penggelapan dana nasabah.

Yayasan Advocasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu (5/7) lalu, melaporkan RS, oknum karyawan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Blangpidie, ke Polres Abdya.

RS, oknum karyawan BRI Cabang Blangpidie itu, dipolisikan YARA Perwakilan Abdya, atas dugaan penggelapan dana nasabah.

“Dalam laporan ini, kita bertindak atas nama kuasa hukum dari saudara Masri, salah seorang korban dugaan penggelapan dimaksud,” ungkap Erisman SH, salah seorang dari tiga kuasa hukum korban dari YARA Perwakilan Abdya.

Erisman yang juga merupakan Sekretaris YARA Perwakilan Abdya itu mengungkapkan, langkah hukum yang ditempuh pihaknya, sesuai laporan polisi nomor : SKTBL/42/VII/YAN/25/2020/SPKT. “Ada 2 item yang kita laporkan, penipuan dan penggelapan,” sebutnya.

Erisman menguraikan, dalam kasus ini, terlapor sangat mungkin dijerat dengan pasal 372 dan 378, Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

UU TPPU Dan UU Perbankan

Untuk itu pihaknya berharap dalam proses penyelidikan atas kasus ini, penyidik Polres Abdya tidak saja menjerat RS dengan pasal 372 dan 378.

“Tidak tertutup kemungkinan terlapor bisa juga dijerat dengan Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Undang-Undang Perbankan,” urainya.

Katanya, hal itu sangat memungkinkan. Di mana, aksi dugaan kejahatan yang dilakukan terlapor diketahui, saat terlapor masih aktif sebagai karyawan BRI Cabang Blangpidie.

“Kita berharap, penyidik dapat mengembangkan kasus ini dengan UU TPPU dan UU Perbankan,” pungkas Erisman.

Sebelumnya, Sabtu (4/7) lalu, sekitar pukul 05.00 WIB, jajaran Polres Abdya telah mengamankan RS, oknum karyawan BRI Cabang Blangpidie.

RS diamankan petugas di rumah kontrakan kawasan Desa Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah.

Penangkapan oknum karyawan BRI Cabang Blangpidie, yang diduga telah menggelapkan uang nasabah miliaran rupiah itu, dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Abdya, AKP Erjan Dasmi STP.

Kepada sejumlah wartawan, Minggu sore (5/7) lalu, Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution SIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Erjan Dasmi STP mengatakan, penangkapan RS berawal dari usaha pihaknya melacak signal telepon genggam milik yang bersangkutan.

Setelah meyakini keberadaan terduga, tim yang dipimpinnya langsung bergerak menuju lokasi, yang diduga kuat sebagai tempat RS menyembunyikan diri, dengan terlebih dahulu berkoordinasi pihak kepolisian setempat, untuk melakukan penggerebekan.

Saat digerebek, petugas menemukan RS di lokasi. Yang bersangkutan langsung diamankan bersama dengan sepupunya, yang juga ikut digelandang ke Mapolres Abdya, guna diproses lebih lanjut.

Kasat Reskrim Erjan menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan jumlah uang yang digelapkan oleh RS. Karena katanya, saat ini penyidik masih menggali keterangan dari RS terkait modus yang dijalankan, termasuk motif kejahatan yang dilakoninya.

“Demikian juga dengan sepupunya yang turut kita amankan, belum bisa kita pastikan apa terlibat atau tidak. Sejauh ini, kita masih melakukan pengembangan,” tutupnya.(b21)

  • Bagikan