Waspada
Waspada » Warga Pidie Diimbau Waspadai Makanan Berbahaya
Aceh

Warga Pidie Diimbau Waspadai Makanan Berbahaya

Bupati Pidie Roni Ahmad alias Abusyik saat menerima Waspada, di salah satu kawasan perkebunan di daerah itu, Selasa (18/2). Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Bupati Pidie Roni Ahmad, alias Abusyik, Selasa (18/2), mengimbau masyarakatnya selektif memilih makanan. Upaya ini, kata dia, penting dilakukan agar warga Pidie terhindar dari makanan yang mengandung zat kimia berbahaya.

Menurut Abusyik, masyarakat harus waspada dan hati-hati dalam memilih makanan agar kesehatannya tidak terganggu. Pasalnya, saat ini banyak makanan yang dijual di pasar mengandung bahan kimia berbahaya seperti boraks, formalin, rodhamin B, dan sebagai nya.

Terlebih di era zaman modern sekarang buah-buahan dan sayur sayuran pun tidak aman lagi untuk dikonsumsi, karena sudah dicampur zat-zat kimia berbahaya oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Menurut Abusyik, pada hakikatnya buah dan sayur itu merupakan makanan yang dianjurkan untuk manusia hidup sehat karena kealamiannya, dan tidak diolah di pabrik dengan berbagai bahan kimia. Apalagi sebut dia, buah dan sayur menjadi bahan dasar produk antioksidan dan anti-ageing.

“Tetapi akibat ulah oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, buah dan sayuran itupun akhirnya dilumuri bahan kimia biar cepat matang dan cepat dijual kepasar. Mereka para pelaku itu sangat jahat, hanya memikirkan diri sendiri tanpa berpikir orang lain yang juga saudaranya,” sebut Abusyik.

Karena itu Bupati Pidie Roni Ahmad tidak henti-hentinya mengingatkan warganya, terutama saat berbelanja buah di pasar tradisional maupun supermaket untuk berhati-hati, terutama dalam memilih makanan berupa buah-buahan.

Abusyik meminta warganya untuk tidak percaya kepada buah yang tampilannya sangat segar, dengan warna yang terang, tanpa cacat dan bentuk bagus tidak seperti buah-buah yang ditemukan di pohon. ”Saya pikir buah- buah itu dipetik dari pohon pasti sebelum matang, supaya teksturnya tetap kuat,” katanya.

Pesan Abusyik, bila pun, buah atau sayuran yang sudah dibeli itu dicurigai mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh maka sebelum dimasak untuk dikonsumsi alangkah baiknya sayuran dan buah-buahan itu dicuci dengan air dicampur garam.

“Semua sayuran dan buah itu ditenggelamkan dan didiamkan selama 5-7 menit. Setelah itu, bilas degan air biasa, lalu membiarkannya sampai kering sebelum memakan atau memasaknya,” kata Abusyik.

Begitupun Abusyik menjelaskan dampak dari mengonsumsi makanan dan obat yang mengandung bahan zat berbahaya dalam waktu lama bisa berakibat terhadap kesehatan. “Makanan yang kita konsumsi apabila mengandung bahan berbahaya bisa mengancam kesehatan dan menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker, ginjal, dan lainnya,” katanya.

Abusyik meminta kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Aceh serta Dinkes Pidie dapat terus melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap peredaran makanan dan obat di Kabupaten Pidie, dan apabila diketahui ada yang melakukan pelanggaran, segera dilakukan tindakan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.(b10)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2