Warga Blang Asan Sigli Kenduri Tolak Bala - Waspada

Warga Blang Asan Sigli Kenduri Tolak Bala

  • Bagikan

SIGLI (Waspada): Warga Blang Asan, Lorong Lapangan Kuta Asan, Kecamatan Sigli, gelar kenduri tolak bala dengan memasak Ie Bu di kebun kosong samping rumah Dinas Ketua DPRK Pidie, Minggu (12/9) pagi.

Ketua DPRK Pidie Mahfuddin Ismail, bersama warga setempat, kaum ibu dan bapak ikut memasak penganan Ie Bu. Kekompakan sangat terlihat diantara warga dalam menggelar kenduri Ie Bu.

                                             

Setelah Ie bu matang dimasak, selanjutkan warga menggelar doa bersama. Warga yang melintas dari lorong lapangan Kuta Asan di panggil dan diberikan penganan Ie Bu. Ada juga warga yang menyantap Ie Bu tersebut di tempat.

Ketua DPRK Pidie Mahfuddin Ismail yang juga warga setempat mengatakan kenduri Ie Bu dan doa bersama yang digelar warga sebagai upaya menolak bala, menyusul belum berakhirnya wabah virus Covid-19 di Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Pidie.

Sejatinya kata Mahfuddin, kenduri Ie Bu sudah menjadi tradisi turun-temurun. Dulu kata dia orang Aceh juga melakukan tradisi ini saat mengusir bala atau ta’eun ,”Sebenarnya ini adalah sempena orang aceh Tempo doeloe dalam rangka menolak setiap bala, mungkin filosofinya adalah memberikan sedekah kepada sesama masyarakat sama – sama berdo’a agar ALLAH jauhkan setiap bala atau malapetaka terhadap masyarakat kita,” katanya.(b06)

Keterangan Foto: Ketua DPRK Pidie Mahfuddin Ismail sedang memasak penganan Ie bu untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat, Minggu (12/9). Kegiatan ini digelar dalam upaya menolak bala dimana wabah Covid-19 di daerah itu belum berakhir. Waspada/Muhammad Riza

  • Bagikan