Waspada
Waspada » Warga Beuah Siapkan Lahan Untuk Pembangunan Pustu
Aceh Kesehatan

Warga Beuah Siapkan Lahan Untuk Pembangunan Pustu

KEPALA Pustu Kemukiman Beuah Jannatun Nisa menunjukkan kondisi bangunan Pustu yang dipimpinnya sudah tidak layak lagi, Selasa (2/3). Warga Beuah Siapkan Lahan Untuk Pembangunan Pustu. Waspada/Muhammad Riza
KEPALA Pustu Kemukiman Beuah Jannatun Nisa menunjukkan kondisi bangunan Pustu yang dipimpinnya sudah tidak layak lagi, Selasa (2/3). Warga Beuah Siapkan Lahan Untuk Pembangunan Pustu. Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Warga di Kemukiman Beuah, Kecamatan Delima, Kabupaten Pidie berkomitmen menyediakan lahan seluas 2 hektare untuk lokasi pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu), perumahan tim medis dan sarana pendidikan.

“Kami sudah siapkan lahan lebih kurang 2 hektare, dan itu sudah kita bebaskan masing-masing untuk lembaga pendidikan, kesehatan, lengkap dengan perumahan tim medis,” kata Kepala Imum Mukim Beuah, Kecamatan Delima, Kabupaten Pidie, Tgk Abubakar Isya, Selasa (2/3).

Karena itu, Abubakar mewakili warga Kemukiman Beuah, sangat berharap Pemkab Pidie dapat segera membangun baru gedung Pustu berikut fasilitas perumahan tim medis pada lahan yang telah dibebaskan oleh warga.

Kini sebut dia, bangunan Pustu Kemukiman Beuah sudah tidak layak pakai lagi. Selain sempit dan kumuh, bangunan Pustu Beuah juga rawan bajir karena posisinya berada tidak jauh dari bantaran sungai.

Hal senada disampaikan Muslim Saad, Tuha Puet Gampong Mesjid Beuah bahwa banyak warga yang berdomisili di Kemukiman Beuah, Kecamatan Delima, ketika sakit pada malam hari, harus dilarikan ke RSUD Tgk Chik Ditiro, Sigli.

Hal itu akibat petugas Pustu tidak bisa tinggal di tempat karena kondisi Pustu memang tidak layak. Menurut dia, keadaan Pustu sangat memprihatinkan, ruang pemeriksaan pasien kumuh, sempit, kotor ditambah letaknya langsung berada di sisi bantaran sungai.

Karena itu sebut Muslim Saad, saat ini warga Kemukiman Beuah sangat berharap kepada Pemkab Pidie untuk dapat membangun baru Pustu Beuah yang lengkap dengan fasilitasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Kabupaten Pidie, Turno Junaidi, SKM, MKM mengatakan, pihaknya sangat menghargai harapan masyarakat Kemukiman Beuah, Kecamatan Delima yang sangat berharap segera dibangun baru bangunan Pustu yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang kesehatan.

Namun hal itu kata dia, akan diusulkan dalam Musrenbang kecamatan, jika pun tidak tertampung, akan dimasukkan dalam rencana kerja (Renja) Dinas Kesehatan 2022. “Karena itu kami meminta para aparatur gampong mengusulkannya dalam Musrenbang yang sedang berlangsung ini. Kami akan koordinasi dengan pihak Puskesmas untuk melihat lokasi Pustu Beuah,” tandasnya. (b06)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2