Warga Aceh Tamiang Penerima BLT DD Dimohon Bersabar

Warga Aceh Tamiang Penerima BLT DD Dimohon Bersabar

- Aceh
  • Bagikan
Sekretaris DPMKPPKB Kabupaten Aceh Tamiang, Dipa Syahbuana. Waspada/ Yusri
Sekretaris DPMKPPKB Kabupaten Aceh Tamiang, Dipa Syahbuana. Waspada/ Yusri

KUALASIMPANG (Waspada): Masyarakat penerima Bantuan Tunai Langsung (BLT) Dana Desa (DD) dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang dimohon bersabar karena bantuan itu masih dalam proses dan dikabarkan akan dicairkan sepekan ke depan ini.

Demikian Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Kampung, Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Kabupaten Aceh Tamiang, Dipa Syahbuana kepada wartawan Rabu (27/5) di kantornya.

Dipa menyebutkan, status per tanggal 23 Mei 2020, jumlah kampung yang sudah melakukan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) sebanyak 103 kampung dari 213 kampung yang di Aceh Tamiang dan sisanya saat ini sedang berproses Musdesus.

“Dari 103 kampung hasil Musdesus tercatat sebanyak 10.401 Kepala Keluarga (KK) yang direncanakan akan menerima BLT Dana Desa,” ujarnya.

“Insya Allah minggu ini akan dicairkan kepada mereka yang berhak menerimanya sesuai keputusan yang digelar saat Musdesus di tingkat kampung,” jelas Dipa yang didampingi oleh Kabid. Pemberdayaan Pemerintahan Mukim dan Kampung, Sandi Suhendri.

Dipa memaparkan, saat ini pencairan dari KPPN Langsa sedang dalam proses, setelah ada transfer dari KPPN Langsa ke rekening masing-masing kampung langsung dicairkan, sementara kampung yang sudah melakukan pencarian BLT DD baru enam kampung.

Yaitu empat kampung di Kecamatan Karang Baru yakni Kampung Bundar sebanyak 110 KK, Perkebunan Medang Ara sebanyak 12 KK, Medang Ara sebanyak 75 KK dan Paya Kulbi sebanyak 89 KK.
Sedangkan untuk Kecamatan Tamiang Hulu baru dua kampung masing – masing Kampung Alur Tani Dua sebanyak 145 KK dan Kampung Bandar Setia sebanyak 133 KK.

“ Total dari enam kampung yang sudah melakukan pencairan BLT DD sebanyak 564 KK,” terangnya.

Dipa menjelaskan lagi, terkait dengan pemerintah berencana akan memperpanjang pemberian BLT DD bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 dan tertuang dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 40 Tahun 2020, maka untuk pencairan ini nanti yang diselesaikan terlebih dulu yaitu senilai Rp600.000/bulan untuk setiap KK penerima selama tiga bulan.

Lanjutnya, menyangkut dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 50 Tahun 2020 maka akan disalurkan pada tahap ketiga dengan nilai Rp300.000/bulan untuk setiap KK.(b15)

  • Bagikan