Warga 19 Gampong Antusias Datangi TPS Ikuti Pilchiksung

  • Bagikan
Terlihat salah satu calon geuchik Gampong Matang Seulimeng, Muhammad Rizal, dengan Nomor urut 5 saat memberikan hak pilihnya, Selasa (24/5). Waspada/Rapian
Terlihat salah satu calon geuchik Gampong Matang Seulimeng, Muhammad Rizal, dengan Nomor urut 5 saat memberikan hak pilihnya, Selasa (24/5). Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada): Warga 19 gampong di Kota Langsa tampak begitu antusias memadati Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam perhelatan Pemilihan Geuchik Langsung (Pilchiksung) yang digelar serentak di wilayah Kota Langsa, Selasa (24/5).

Pantauan di lapangan seperti di Gampong Blang, Kecamatan Langsa Kota, terdapat dua TPS yang ditempatkan di pelataran Masjid Nurul Ikhlas dimana TPS tersebut berdekatan antara satu dengan yang lainnya.

Terlihat warga sangat antusias dalam memberikan hal pilihnya di TPS nya masing-masing dalam pemilihan geuchik, Selasa (24/5).Waspada/Rapian

Sedangkan masyarakat yang datang ke TPS sangat membludak dari kaum milenial hingga terlihat nenek-nenek juga hadir untuk memberikan hak pilihnya.

Di Gampong Blang ada sekitar 2.117 DPT yang terdaftar di Panitia Pemilihan Geuchik (P2G), dengan dua TPS. Sementara itu untuk Gampong Matang Seulimeng, terlihat para pemilih juga memadati areal SKB dan ada lima titik pembagian TPS di setiap dusun.

Untuk DPT Gampong Matang Seulimeng ada sekitar 7.000 DPT dengan 3.500 KK dan lima TPS tersebar di masing-masing dusun. “Alhamdulillah kita datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya dalam memilih geuchik untuk masa yang akan datang,” kata Reza.

Sementara Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, yang melakukan monitoring Pilchiksung di Gampong Blang, kepada wartawan menyatakan, pelaksanaan Pilchiksung serentak di 19 gampong kiranya menjadi ajang pemilihan geuchik yang demokratis.

“Mari kita jaga suasana yang tentram, nyaman dan harmonis karena semuanya kita kenal, semoga warga dapat memilih pemimpinnya yang baru,” ujarnya.

Pun demikian, Marzuki, juga berharap nantinya ketika saat selesai perhitungan juga kiranya warga bisa menerima apapun hasilnya, baik yang menang dapat menghargai yang kalah dan yang kalah juga dapat berlapang dada.

“Kami minta dalam perhitungan suara nantinya tidak terjadi yang tidak diinginkan, serta terimakasih kepada P2G atas kerja kerasnya,” tuturnya.

Hadir juga, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kota Langsa, Al Azmi SSTP, MSP, Camat Langsa Kota, Heri Setiawan SSTP, serta Pj. Geuchik Gampong Blang, Yundi Mauliza SSTP, Kabag Protokoler Setdakakot, Muzamil SSTP serta unsur TNI/Polri.

Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM didampingi Kadis DPMG saat melakukan monitoring dalam Pilchiksung di 19 gampong dalam wilayah Kota Langsa, Selasa (24/5).Waspada/Rapian

Sedangkan untuk unsur Forkompimda juga melakukan monitoring ke sejumlah gampong yang melangsungkan pilchiksung dalam proses pencoblosan diantaranya, Wali Kota Langsa dan Ketua DPRK Langsa memantau di Gampong Paya Bujuk Seuleumak, Kapolres memonitoring di Gampong Lhok Banie, Kajari Langsa berada di Gampong Matang Seulimeng, Dandim 0104/Atim memantau di Gampong Teungoh, Ketua MPU Langsa memantau di Gampong Daulat.

Selanjutnya, Ketua MAA berada di Gampong PB Blang Pase melakukan monitoring, Sekdakot juga memantau di Gampong Alue Beurawe, dan yang lainnya juga menyebar baik untuk Kecamatan Langsa Lama maupun Langsa Timur.

Kadis DPMG Kota Langsa, Al-Azmi menyatakan, sejauh siang ini proses pencoblosan sedang berlangsung dan kondisinya disetiap TPS aman dan terkendali serta pelaksanaan Pilchiksung ini sudah sesuai dengan Permendagri No 72 tahun 2020 tentang pemilihan kepala desa dan sesuai prokes. (crp)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.