Wali Kota Komit Dukung Pembangunan Seluruh Masjid Di Banda Aceh

Wali Kota Komit Dukung Pembangunan Seluruh Masjid Di Banda Aceh

- Aceh
  • Bagikan
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, meletakkan batu pertama perluasan Masjid Al-Muhyi, Gampong Pango Deah, Banda Aceh. Waspada/Zafrullah
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, meletakkan batu pertama perluasan Masjid Al-Muhyi, Gampong Pango Deah, Banda Aceh. Waspada/Zafrullah

Banda Aceh (Waspada): Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, secara resmi meletakkan batu pertama perluasan Masjid Al-Muhyi, Gampong Pango Deah, Kecamatan Ulee Kareng, Senin (27/9).

Pada kesempatan tersebut, wali kota turut didampingi anggota DPRK Banda Aceh, Musriadi, Kadis Syariat Islam, Muhammad, Camat Ulee Kareng, Akbar Mirza, unsur muspika, serta keuchik dan aparatur desa setempat.

                                             

Dalam sambutannya, Aminullah mengucap syukur karena pembangunan masjid kebanggan warga Pango Deah itu berjalan cepat, sehingga kini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Ini tentu tidak terlepas dari keinginan masyarakat dan komitmen yang kuat dari pimpinan gampong dan tokoh masyarakat,” katanya.

Ia mengungkapkan, ingin sekali semua masjid di Banda Aceh tampak indah dan megah, dan sudah menjadi komitmen pemerintahannya. Maka, Pemko akan mendukung pembangunan seluruh masjid yang ada. Namun, untuk bantuan dana akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

“Saya  bangga jika masjid ini nanti sudah rampung, lebih luas, teduh, dan nyaman bagi seluruh jemaah, baik warga Pango Deah maupun desa sekitarnya,” ujarnya seraya mengatakan secara pribadi akan membantu pembebasan lahan masjid seluas 10 meter persegi.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al-Muhyi, T Bustari, mengatakan, sudah dua tahun terakhir pihaknya mendapat bantuan anggaran dari Pemko Banda Aceh. “Tahun kemarin dengan tambahan dana swadaya dari masyarakat, bisa kita rampungkan pembangunan kubah masjid,” jelasnya

Tahap berikutnya direncanakan pembangunan tangga akses ke lantai atas. “Tahun ini mungkin dananya tak cukup, oleh sebab itu kami akan ajukan proposal bantuan dana selanjutnya untuk pembangunan lantai atas sekaligus penambahan pembebasan lahan masjid,” ujarnya.

Sebelum meninggalkan lokasi, wali kota dan rombongan menyempatkan diri untuk meninjau stand produk UMKM binaan PKK gampong setempat. Selain menyerahkan sejumlah dana bantuan, ia juga memborong produk kerajinan bordir hias seperti payung, selendang, kipas, tempat tisu, dan tutup gelas. (b03)

  • Bagikan