Waspada
Waspada » Wakil Wali Kota Buka Diklatsar PMI Kota Langsa
Aceh

Wakil Wali Kota Buka Diklatsar PMI Kota Langsa

Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, didampingi Ketua PMI Kota Langsa, Ir Sayid Abdurrahman MM, saat memasang tanda pengenal kepada peserta Diklatsar PMI Kota Langsa, di Aula Sekdakot Langsa, Jumat (18/6). Waspada/Rapian
Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, didampingi Ketua PMI Kota Langsa, Ir Sayid Abdurrahman MM, saat memasang tanda pengenal kepada peserta Diklatsar PMI Kota Langsa, di Aula Sekdakot Langsa, Jumat (18/6). Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada) : Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Dasar (Diklatsar) Korps Relawan PMI Kota Langsa di Aula Sekdakot Langsa, Jumat (18/6).

Dalam arahannya, Marzuki, menyatakan bahwa Diklatsar ini sangat penting bagi para relawan di mana pada saat ini juga sedang adanya wabah Covid-19.

Menurutnya, setelah mengikuti Diklatsar diminta dapat membuktikan hasilnya kepada masyarakat Langsa dalam menghadapi berbagai kondisi seperti bencana maupun kegiatan kemanusiaan lainnya.

Di samping itu juga, Marzuki meminta UDD yang berada di naungan PMI Kota Langsa terus melakukan jemput bola untuk mendapatkan donor darah.

Ke depan, seyogianya harus ada surat dari PMI terkait donor darah dan nantinya Pemko akan menindaklanjutinya memalui surat.

“Kita minta PMI memberikan sebuah surat ketika hendak melakukan donor darah yang nantinya kita akan follow up agar lini sektor cepat mengakomodir,” saran Marzuki.

Hal lain kata Marzuki, PMI merupakan mitra kerja Pemko Langsa, dan kami menganggap PMI lembaga penting yang ada di Kota Langsa yang bergerak di bidang kemanusiaan.

Sementara itu Ketua PMI Kota Langsa, Ir Sayid Abdurrahman MM, menyebutkan, Diklatsar PMI Kota Langsa diikuti oleh 30 relawan pemula dan Diklatsar ini berlangsung sejak tanggal 18 hingga 26 Juni 2021.

Dijelaskan Sayid, PMI Kota Langsa melalui program kerja tahun 2021 perlu melaksanakan Diklatsar KSR-PMI Kota Langsa yang akan diarahkan kepada peningkatan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan kepalangmerahan serta pengembangan organisasi PMI yang merupakan bagian dari proses perekrutan, pembinaan dan pengkaderan relawan PMI.

“Mengingat saat ini kita sedang dilanda Pandemi Covid-19, sesuai arahan dari Wali Kota Langsa serta tindaklanjut arahan Ketua PMI Aceh, agar PMI Kota Langsa,mempersiapkan relawan siaga Covid – 19, maka Diklatsar PMI Kota Langsa kali ini juga akan diarahkan untuk peningakatan respon Covid – 19,” jelasnya.

Kendati begitu, materi yang akan diberikan dalam Diklatsar ini meliputi antara lain orientasi kepalangmerahan, gerakan palang merah dan Bulan Sabit Merah, manajemen dan kode etik relawan, penanggulangan bencana dan pengetahuan dan penanggulangan Covid – 19. Pelatihan akan melibatkan instruktur dan fasilitator yang berpengalaman baik yang berasal dari PMI Aceh dan dari Kota
Langsa.

Selanjutnya, terkait UDD PMI Kota Langsa kini terus konsen terhadap keterbutuhan darah terutama dalam memenuhi penderita Thalasemia yang ada di Langsa.

Sejauh saat ini ada pergerakan grafik peningkatan para pendonor darah dan sudah menjadi trend hidup sehat warga serta adanya support dan sumbangsih Wali Kota Langsa dalam memberikan souvenir paket sembako pada bulan Ramadhan.

Dilaporkan juga, ke depan Wali Kota akan memberikan hibah aset tanah dan bangunan yang diperuntukan sebagai operasional UDD PMI Kota Langsa.

“Semoga nantinya semua dapat terwujud atas atensi semua pihak kiranya kami ucapkan terimakasih,” imbuh Sayid.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkompimda Kota Langsa, Ketua PMI Provinsi Aceh, Murdani Yusuf SE, Wakil Ketua PMI Kota Langsa, Ngatiman SE, Kepala UUD PMI Kota Langsa, dr Hj Dahniar M.Kes serta para undangan lainnya. (crp).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2