Waspada
Waspada » Wak Him Programkan Dukcapil Menyapa Masyarakat
Aceh

Wak Him Programkan Dukcapil Menyapa Masyarakat

KEPALA Disdukcapil Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif, MM
KEPALA Disdukcapil Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif, MM

LANGSA (Waspada): Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif MM biasa disapa Wak Him, Kamis (10/9) menyatakan, pihaknya terhitung mulai September 2020 akan memprogramkan Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM).

Menurut Wak Him, sesuai arahan Dirjen Dukcapil Kemendagri, bahwa Disdukcapil kabupaten/kota harus menyapa masyarakat minimal dalam satu minggu dua kali.

Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat menyampaikan berbagai keluhannya kepada pemerintah dalam hal ini Dukcapil terkait keluh keluhan masyarakat dalam pelayanan dokumen administrasi kependudukan.

“Keluhan masyarakat pada umumnya menyangkut pengurusan ktp el dan dokumen administrasi kependudukan lainya banyak diurus oleh Calo sehingga menimbulkan pungutan liar (pungli),” sebutnya.

Selain itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri menginstruksikan kepada seluruh Dukcapil kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk turun ke desa menyapa masyarakat, menerima dan menindaklanjuti keluhan masyarakat.

“Kemudian kita juga menindak lanjuti, apabila ada laporan masyarakat terhadap petugas Dukcapil yang mempersulit masyarakat dalam pengurusan ktp el dan dokumen administrasi kependudukan lainnya,” ungkapnya lagi.

Selanjutnya, Disdukcapil Kota Langsa sudah sejak tiga bulan yang lalu turun ke desa menyapa masyarakat, menampung keluhan keluhan masyarakat dan langsung kita tindak lanjuti bila ada keluhan masyarakat.

“Masyarakat kita manjakan dan kita bahagiakan. Kita tiga kali dalam seminggu turun langsung ke desa desa menyapa masyarakat, dan ini terus berlanjut. Dalam kegiatan Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) kita tetap menjaga protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan. Di samping itu, baik masyarakat maupun petugas Dukcapil ketika menyapa masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan,” tandas Ibrahim Latif.

Pihaknya juga terus berusaha agar masyarakat terus dapat terlayani dengan baik, cepat dan tepat, tidak ada keluhan.

Yang pada akhirnya masyarakat senang dan bahagia.

“Kalau masyarakat sudah bahagia, kami selaku petugas lebih bahagia lagi,” tutup Ibrahim Latif. (b13)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2