Wabup Abdya Muslizar MT: Jadikan HKN Sebagai Penguat Kepatuhan Prokes

- Aceh
  • Bagikan

BLANGPIDIE (Waspada): Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT menegaskan, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, dapat dijadikan sebagai penguat kepatuhan dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di setiap kegiatan.

Disamping itu, peringatan HKN, juga menjadi acuan untuk meningkatkan target vaksinasi, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat, untuk ikut bergotong-royong, dalam rangka menyelesaikan pandemi Covid-19.

Penegasan itu disampaikan Wabup Muslizar, saat mengikuti kegiatan peringatan HKN ke-57, yang berlangsung di Dinas Kesehatan Abdya, kompleks perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie. “Peringatan HKN, jangan hanya sekedar semacam kegiatan seremoni semata. Tapi, jadikan ini sebagai momentum dan acuan, untuk bekerja yang lebih maksimal, dalam segala bidang,” tegasnya.

Dalam kesepatan itu, Wabup Muslizar juga mengapresiasi kinerja segenap jajaran kesehatan, lintas sektor dalam daerah, serta seluruh lapisan masyarakat, yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah di semua lini, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan sebagai sebuah perjuangan, untuk menyelamatkan masyarakat Abdya dari ancaman Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya Safliati SST M.Kes menyebutkan, banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih. Namun saat ini dan ke depannya katanya, masih banyak kendala dan tantangan yang perlu dihadapi bersama. Berkolaborasi secara profesional, yang dilandasi moral tetap harus dikedepankan, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 seperti yang dialami saat ini.

Sebagaimana diketahui tambahnya, pandemi Covid-19 merupakan krisis kesehatan global, dengan lebih dari 200 juta kasus dan 4,7 juta kematian, yang dikonfirmasi dilaporkan terjadi di 225 negara hingga awal Oktober 2021.

Untuk Abdya lanjutnya, data update tanggal 25 November 2021 pukul 17.00 WIB, data terkonfirmasi sebanyak 405 kasus, sembuh 374 orang dan yang meninggal 31 orang. Sementara capaian vaksinasi Covid-19 pertanggal 25 November 2021, mencapai 48.558 orang (41,06%) dosis I, dosis II 26.484 orang (22,39%) dan dosis III sebanyak 1.202 orang (78,1%).

Safliati juga mengungkapkan, dalam rangka menyambut peringatan HKN, pihaknya sudah menyelenggarakan berbagai kegiatan. Diantaranya, pemeriksaan golongan darah untuk pelajar SMA sebanyak 510 orang, yang berlangsung di tiga sekolah yakni SMAN 2 Abdya, MAN 1 Abdya dan SMAN 10 Abdya.

Kemudian, penilaian terbaik pemegang program bidang Kesmas, pemegang program terbaik Promkes, MTBS, sanitarian, Kesjaor, SDIDTK, UKS, PKPR, bidan koordinator, pengelola KB dan TPG, bidang P2p pemegang program dan tim terbaik vaksinator, juru imunisasi, program surveilans, petugas rabies center, program Ispa, triple eliminasi, pengelola Tb, pengelola Keswa, pengelola PTM, pengelola lansia dan pengelola indra bidang yan, serta SDK pemegang program terbaik pengelola JKN dan pengelola obat.(b21)

Waspada/Syafrizal

Wakil Bupati Abdya Muslizar MT, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Safliati SST M.Kes, serta para Kepala Puskesmas, dalam kegiatan peringatan HKN ke-57 di halaman kantor Dinas Kesehatan, kompleks perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie, Jumat (26/11).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *