Wabup Abdya: Adat Yang Kokoh Melahirkan Kearifan Lokal - Waspada

Wabup Abdya: Adat Yang Kokoh Melahirkan Kearifan Lokal

- Aceh
  • Bagikan

BLANGPIDIE (Waspada): Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT, Rabu (17/11) menegaskan, adat atau kebiasaan yang kokoh, akan melahirkan kearifan lokal yang dapat mendorong gerak laju pembangunan.

Penegasan itu disampaikan Wabup Muslizar, saat membuka kegiatan pembinaan adat seumapa dan narit maja. Berlangsung di aula Teungku Dikilla Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Abdya, kompleks perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie.

Menurut Wabup Muslizar, adat istiadat merupakan rangkaian nilai-nilai dan keyakinan sosial yang tumbuh dan berkembang, serta mengakar dalam kehidupan masyarakat. Dengan pemahaman suatu adat, maka diharapkan dapat membangun nilai-nilai adat dalam berbagai aspek, serta jenjang kehidupan masyarakat dan pemerintahan.

Dikatakan, ditengah masyarakat, adat istiadat memiliki peranan dan kedudukan yang sangat tinggi. Sehingga, masyarakat Aceh sangat menjunjung tinggi nilai-nilai adat, termasuk di Abdya. Sayangnya kata Wabup Muslizar, seiring dengan lajunya perkembangan zaman, tidak dapat dihindari banyak terjadi pergeseran nilai. Disatu sisi, nilai baru yang belum mengakar, namun nilai lama sudah ditinggalkan. Hal seperti ini katany, dapat mengakibatkan kehilangan suatu identitas, pegangan dan arah tujuan hidup bagi masyarakat.

Untuk itu, perlu dipahami bahwa pelestarian dan aktualisasi nilai-nilai adat, serta kearifan lokal daerah, sangatlah besar manfaatnya bagi kelangsungan hidup generasi muda sekarang, maupun generasi yang akan datang.

Pihaknya menilai, kegiatan pembinaan adat seumapa, narit maja, serta meunasib seperti ini, sangat penting dilaksanakan. Agar, nilai-nilai adat dan kearifan lokal yang dimiliki, dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, sehingga memiliki makna dan peran penting dalam pembinaan, penguatan serta pengembangan masyarakat, hingga keseluruh desa dalam Kabupaten Abdya.(b21)

Keterangan Foto : Wabup Abdya Muslizar MT, saat membuka kegiatan pembinaan adat seumapa dan narit maja di aula Teungku Dikilla Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Abdya, kompleks perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie, Rabu (17/11). Waspada/Syafrizal

  • Bagikan