Vaksinator Sasar Desa Terisolir Di Aceh

- Aceh
  • Bagikan

IDI (Waspada): Untuk membantu masyarakat agar secepatnya mendapatkan dosis vaksinasi, petugas kesehatan (nakes) bersama pihak kepolisian dan personel TNI nekat mengarungi sungai menyasar sejumlah desa yang tergolong terisolir dalam, Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur.

Salah satu desa yang dituju antara adalah Desa Rantau Panjang di Simpang Jernih. Untuk mencapai desa itu butuh tenaga ekstra dan persiapan yang matang, karena harus mengarungi aliran sungai yang deras dan sempit. Menuju desa itu otomatis para petugas yang tergabung dalam rombongan harus menggunakan alat transportasi berupa boat kayu.

“Tidak ada akses lain selain menyeberangi dan menelusuri aliran sungai. Jarak tempuh yang harus kami lalui lebih kurang dua jam untuk menuju Desa Rantau Panjang,” kata Kapolsek Simpang Jernih Ipda Saidir, kepada Waspada, Jumat (3/12).

Dia mengaku, kunjungan ke desa terpencil untuk misi vaksinasi bersama tenaga kesehatan setempat. Bahkan dia mengaku hampir setiap hari turun ke desa-desa untuk mempermudah masyarakat mendapatkan vaksinasi, baik dosis pertama maupun kedua.

“Untuk kegiatan vaksinasi tidak dilakukan setiap hari mengingat medan menuju ke kawasan terisolir itu memakan waktu berjam-jam, namun disaat transportasi tersedia kami bersama muspika dan nakes serta relawan sosial selalu berkunjung menyambangi masyarakat,” urai Saidir.

Terbatasnya transportasi berupa sampan mesin menjadi kendala dalam menjangkau desa terpencil dalam wilayah hukumnya, sehingga melalui aparat desa dan pihak kecamatan selalu memesan terlebih dahulu ketersediaan alat transportasi, seperti kunjungan vaksinasi yang dilakukan Kamis (2/12) bersama tim nakes dan relawan sosial serta unsur TNI.

“Kawasan pedalaman, harus kita sosialisasikan terlebih dahulu, kemudian warga yang mau divaksin mendaftar. Hari selanjutnya baru kita lakukan pendampingan petugas vaksinator menuju lokasi,” pungkas Kapolsek Simpang Jernih Ipda Saidir. (b11).

ARUNGI SUNGAI: Kapolsek Simpang Jernih Ipda Saidir, bersama unsur TNI, dan nakes mengarungi sungai dalam misi vaksinasi di desa-desa terpencil di Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur, Kamis (3/12). Waspada/M. Ishak

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *