Waspada
Waspada » Vaksinasi Massal Dan BLT Covid-19 Suka Damai Abdya
Aceh

Vaksinasi Massal Dan BLT Covid-19 Suka Damai Abdya

Tim vaksinator Puskesmas Lembah Sabil agak kewalahan dalam melayani, akibat antusiasnya warga Suka Damai, untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sabtu (17/7). Waspada/Syafrizal
Tim vaksinator Puskesmas Lembah Sabil agak kewalahan dalam melayani, akibat antusiasnya warga Suka Damai, untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sabtu (17/7). Waspada/Syafrizal

 

BLANGPIDIE (Waspada): Sedikitnya tercatat 160 orang warga, menjalani vaksinasi Covid-19, dalam pelaksanaan vaksinasi massal di Kantor Kepala Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (17/7) lalu.

Vaksinasi massal yang dilaksanakan di Desa Suka Damai hari itu, dengan menurunkan tim vaksinator dari Puskesmas Lembah Sabil di bawah pengawasan langsung Muspika Lembah Sabil seperti Camat Teuku Raja Syahir S.Pd, Dan Pos TNI Serma Hasfia, Kapospol Bripka Taufik Rico, bersama seluruh personel masing-masing.

Amatan Waspada.id, di lokasi, pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar di Desa Suka Damai, berbeda dengan vaksinasi massal di lokasi (titik) lain, dalam wilayah ‘Nanggroe Breuh Sigupai’ Abdya.

Kades Suka Damai Osha Yurahman SKM (kaos hitam pakai topi), bersama Muspika Lembah Sabil dan mahasiswa PKM, foto bersama para penerima manfaat BLT DD Covid-19 di aula kantor Desa Suka Damai. Sabtu (17/7) lalu. Waspada/Syafrizal
Kades Suka Damai Osha Yurahman SKM (kaos hitam pakai topi), bersama Muspika Lembah Sabil dan mahasiswa PKM, foto bersama para penerima manfaat BLT DD Covid-19 di aula kantor Desa Suka Damai. Sabtu (17/7) lalu. Waspada/Syafrizal

Di lokasi ini (Suka Damai), pemberian vaksin kepada warga juga diselingi dengan puluhan doorprize, kupon berhadiah untuk warga yang beruntung saat penarikan undian. Di mana, isi hadiah yang sudah terbungkus dalam parcel, merupakan sejumlah kebutuhan pokok lebaran Idul Adha 1442 Hijriyah mendatang.

Di lokasi juga terlihat tim vaksinator terkesan agak kewalahan dalam melayani warga. Hal itu dikarenakan, antusiasnya warga untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Para warga terus berdatangan ke lokasi, dengan menenteng KTP dan menyerahkan pada petugas, sebagai tanda pendaftaran.

Kepala Desa Suka Damai Osha Yurahman SKM di lokasi kegiatan mengungkapkan, doorprize yang disediakan dalam kegiatan vaksinasi hari itu, merupakan bentuk atau bagian dari perhatian desa yang dipimpinnya, untuk masyarakat yang beruntung. Anggarannya bersumber dari dana desa. “Anggarannya juga terbatas, tidak bisa kita bagikan untuk semuanya. Makanya kita laksanakan dalam bentuk kupon berhadiah, dengan sistem undian,” ungkapnya.

Di samping doorprize, dalam kegiatan vaksinasi massal hari itu, aparatur Desa Suka Damai juga melaksanakan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19, untuk masyarakat yang berhak sebagai penerima manfaat, juga bersumber dari dana desa tahun anggaran 2021. “Ada 104 orang warga kita yang menerima BLT DD Covid-19 hari ini,” sebut Osha.

Kepala Desa yang baru saja melepas masa lajangnya itu juga menyebutkan, dilaksanakan vaksinasi massal di desa yang dipimpinnya hari itu, atas dasar antusiasnya warga yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19.

Mengingat letak geografis desa yang berada di pegunungan kawasan kaki Gunung Leuser, yang jauh dari pusat Kecamatan, sehingga kebanyakan dari warganya, apalagi yang sudah berumur, tidak dapat menjangkau atau bepergian ke pusat kota (Puskesmas), untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. “Karena pertimbangan itulah, kita mengambil kebijakan menurunkan tim vaksinator ke desa kita ini, tentu sebelumnya kita koordinasi dulu dengan Muspika, juga pihak Puskesmas selaku pelaksana vaksin,” urai Osha.

Di lain pihak, Camat Lembah Sabil Sabil Teuku Raja Syahir, biasa disapa TR di lokasi, mengapresiasi antusiasnya warga Desa Suka Damai untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Pihaknya juga sangat mendukung kebijakan yang diambil Kepala Desa berserta aparatur lainnya, dalam menyukseskan vaksinasi nasional, mendukung program pemerintah. “Kebijakan yang diambil Kades Suka Damai bersama aparatur lainnya, adalah selangkah lebih maju di depan. Ini sangat positif. Mudah-mudahan bisa sebagai contoh bagi Kades-Kades dan aparatur desa lainnya, khususnya di wilayah Abdya,” harap Camat TR.(b21)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2