Universitas Samudra Adakan Diklat MATANA

- Aceh
  • Bagikan

LANGSA (Waspada): Kampus Universitas Samudra (Unsam) adakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penanganan Mitigasi Bencana (MATANA), di Aula Satu Kampus setempat Jln. Meurandeh Langsa Lama-Kota Langsa, Rabu (1/12).

Kegiatan Diklat Matana tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Samudra Dr. Ir. Hamdani, MT melalui Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr Rahmatsyah, M.Pd dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Dalam sambutannya Rahmatsyah mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di zona tektonik aktif. Berada di posisi ring of fire, sehingga membuat Indonesia menjadi negara dengan potensi ancaman bencana alam yang besar. Berbagai bencana telah melanda Indonesia dari tahun ke tahun, Seperti gempa dan tsunami Aceh 2016, gempa Lombok tahun 2018 dan gempa di Maluku baru-baru ini.

Lanjutnya, belajar dari kejadian-kejadian tersebut, maka Universitas Samudra sepatutnya turut aktif dalam mendukung berbagai upaya terkait dengan penguatan edukasi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam upaya pengurangan dan penanggulangan risiko bencana alam.

Bencana sebenarnya merupakan masalah sekaligus juga adalah urusan kita bersama. Dalam konteks ini maka mahasiswa sesungguhnya memiliki peran yang penting dalam membantu masyarakat agar selamat dari bencana.

“Kita patut sepakati bersama, bahwa ancaman bencana selain merupakan takdir dan janji Allah SWT, maka sebenarnya adalah juga merupakan peristiwa alam yang sering terjadi dan bersifat siklus. Oleh sebab itu peningkatan kapasitas masyarakat dan juga peran perguruan tinggi dalam hal ini tentu saja akan menjadi hal yang penting, terutama Mahasiswa dan masyarakat yang berbasis keluarga.”

Dikatakannya lagi, dukungan Universitas Samudra dalam hal edukasi kebencanaan dengan melakukan Pendidikan dan Pelatihan MATANA, seharusnya terus didorong dan ditumbuhkembangkan. Dengan demikian, MATANA ini nantinya bukan sebatas materi suplemen belaka, namun dapat di pastikan masuk dalam kurikulum kita nantinya, harapnya.

Semoga melalui kerjasama yang baik antara kita semua termasuk BPBD Kota Langsa dan Dinas Sosial, sepatutnya kita mampu menginisiasi juga bagi terbangunnya kualitas Keluarga Tangguh Bencana (Katana) di masa yang akan datang.

Dengan bahasanya sendiri, “Mahasiswa harus bisa melakukan transfer of knowledeg khususnya tentang penanganan resiko bencana, sehingga mereka bisa mewujudkan Katana di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara, Panitia Pelaksana Kegiatan Diklat MATANA Dr. Teuku Hasan Basri, MPd yang juga Kepala UPT Laboratorium Dasar Universitas Samudra ketika dikonfirmasi Waspada mengatakan, kegiatan ini dikuti sebanyak 50 orang peserta dari berbagai Fakultas yang ada di Universitas Samudra dan akan berlangsung sejak, Rabu-Sabtu (1-4/12) mendatang.

“Kegiatan ini menghadirkan sejumlah pemateri diantaranya, Drs Pangarso Suryatomo (Direktur Kearsipan BNPB), Kadis Dinsos Kota Langsa, Armia SP, Kadis BPBD Kota Langsa Nursal Saputra SSTP, MAP dan saya sendiri selaku Ka UPT Laboratorium Dasar Universitas Samudra,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, program kegiatan Diklat MATANA bagi mahasiswa ini bertujuan agar para peserta mampu memberikan bantuan fisik dengan menolong setiap warga yang terkena bencana baik di Provinsi Aceh maupun Indonesia umumnya.

Selanjutnya, agar peserta dapat memahami kode etik kebencanaan, memahami tentang sistem dan tujuan dari Satgas MATANA Universitas Samudra dan bagaimana mengimplementasikannya di tempat tugas masing-masing juga mengenal dengan baik organisasi Satgas Mahasiswa MATANA.

Selain itu peserta nantinya dapat membantu menolong secara fisik maupun non fisik agar permasalahan bencana dapat teratasi dan lainnya. “Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat tentunya,” imbuh Teuku Hasan Basri. (b24)

Waspada/Munawar

Kegiatan Diklat Penanganan Mitigasi Bencana (MATANA), di Aula Satu Universitas Samudra Jln. Meurandeh Langsa Lama-Kota Langsa, Rabu (1/12).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *