Unimal Segera Bangun 7 Gedung Dekan Sumber ADB Rp137 Miliar - Waspada

Unimal Segera Bangun 7 Gedung Dekan Sumber ADB Rp137 Miliar

- Aceh
  • Bagikan

LHOKSEUMAWE (Waspada): Untuk mendongkrak pembangunan infrastruktur pendidikan, pihak Unimal Aceh Utara menyatakan mulai Agustus mendatang akan dimulai pembangunan tujuh unit gedung Dekan di Campus Desa Buket Rata dan Bukit Indah sumber dana Asian Development Bank senilai Rp137 Miliar.

Hal itu diungkap Rektor Unimal Herman Fithrah dalam pertemuan duek pakat bersama seluruh media massa di Aula Meurah Sulu Unimal Lancang Garam Kec. Banda Sakti Kota Lhokseumawe, Selasa (27/7).

Rektor mengatakan pada 1 Agustus 2021 mendatang merupakan hari 20 tahunnya penegerian Unimal yang akan dilakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan 7 unit gedung dekanan.

Sebanyak tiga unit di Kampus Unimal Reulet dan empat unit di Kampus Bukit Indah Unimal yang dilaksanakan oleh PT. Hutama Karya pemenang lelang yang ditetapkan oleh Menteri Kemdikbud Ristek.

Rektor mengatakan selama ini gedung yang tersedia sekarang hanya untuk ruang kuliah tanpa memiliki ruang perkantoran. Demikian juga dengan adanya enam gedung di Kampus Reulet bekas Exxon Mobil Oil dibenahi menjadi ruang laboratorium.

Sehingga masih membutuhkan banyak pembangunan gedung, dan untuk 7 unit gedung yang akan dibangun itu merupakan program yang diajukan sejak 2015 dan ditandatangani kerjasama antara PT Hutama Karya dengan Kemendikbud pada tahun 2019.

Dana yang tersedia itu sebanyak 88 persen untuk fisik dan sisanya untuk sub program.

Selain itu, Rektor menyebutkan Lahan di Kampus Reulet terdapat seluas 88 hektare dan baru sebagiannya saja digunakan.

Sedangkan sisanya seluas 48 hektar akan diisi untuk pembangunan rumah sakit pendidikan Type B. Saat ini sedang mempersiapkan amdal, priview desain, dan Master plant.

“Insya Allah persiapannya selesai pada Desember mendatang, harapan kita tahun 2022 sudah dilelang dan tahun 2023 rampung dan tahun 2024 diisi peralatannya,” ujarnya.

Untuk mensukseskan pembangunan itu, maka Rektor Unimal mengajak seluruh awak media massa untuk duek pakat ala kebudayaan Aceh agar ikut memberi dukungan dan membantu kelancaran pembangunannya.

Sehingga dengan adanya pertemuan duek pakat, tentu pihaknya dapat menjaring berbagai saran dan masukan untuk kelancaran pembangunan gedung di Unimal.

“Selaku adat orang Aceh, kami mengundang kawan-kawan wartawan untuk hadir dalam pertemuan duek pakat. Kami membutuhkan dukungan, saran dan masukan untuk kelancaran pembangunan gedung di Kampus Unimal,” pintanya. (b09)

  • Bagikan