UKM SAR Unimal Gelar Seminar Potensi Bencana Aceh 10 Tahun Mendatang

  • Bagikan
Unit Kegiatan Mahasiswa Search and Rescue (UKM SAR) Universitas Malikussaleh menggelar seminar bertema potensi bencana Aceh 10 tahun mendatang di GOR ACC Cunda Kota Lhokseumawe mulai, Selasa (16/11) hingga Kamis (18/11). Waspada/Zainuddin Abdullah
Unit Kegiatan Mahasiswa Search and Rescue (UKM SAR) Universitas Malikussaleh menggelar seminar bertema potensi bencana Aceh 10 tahun mendatang di GOR ACC Cunda Kota Lhokseumawe mulai, Selasa (16/11) hingga Kamis (18/11). Waspada/Zainuddin Abdullah

LHOKSEUMAWE (Waspada): Unit Kegiatan Mahasiswa Search and Rescue (UKM SAR) Universitas Malikussaleh menyelenggarakan kegiatan seminar bertema potensi bencana Aceh 10 tahun mendatang dan Musyawarah Nasional Forum Komunikasi SAR Perguruan Tinggi Indonesia dan Event SAR Nasional Tahun 2021 di GOR ACC Cunda Kota Lhokseumawe.

Ketua Panitia Kegiatan Andika Al Imran mengatakan kegiatan yang akan berlangsung mulai tanggal 16 hingga 18 November 2021 dan dibuka oleh Rektor Unimal Prof. Herman Fithra, ASEAN Eng.

Panitia kegiatan menghadirkan pemateri Seminar Nasional Letnan Jenderal TNI Marinir (Purn) Dr. Nono Sampono, M.Si selaku Wakil Ketua DPD RI 2019-2024 yang akan menyampaikan materi tentang Konsep Ideal Penanggulangan Bencana Nasional di Masa Depan. Kemudian H. Ruslan M. Daud, SE selaku Anggota DPR RI Fraksi PKB dan Nasir Buloh dari Walhi Aceh.

Turut mengundang berbagai kalangan mulai dari pejabat negara Anggota DPD RI yang ikut beserta rombongan diantaranya Muh. Nuh (Anggota DPD RI Provinsi Sumut), H. Fachrurazi, M.IP dan M. Fadhil Rahmi, Lc (Anggota DPD RI Provinsi Aceh) juga pejabat daerah Kepala Basarnas Provinsi Aceh, SAR Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe serta Forkopimda Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Andi menyebutkan peserta kegiatan dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Indonesia dan Provinsi Aceh, para siswa dari sekolah-sekolah yang ada di seputaran Kab. Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, masyarakat umum dan seluruh Civitas Akademika Kampus Universitas Malikussaleh.

Ketua Umum UKM SAR Universitas Malikussaleh Febri Robiatun Adwiyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang isu-isu kebencanaan nasional secara umum dan khususnya daerah Aceh.

Dengan adanya seminar tersebut, tentu bisa memberikan masukan dan pelajaran berharga tentang persoalan kebencanaan. Bahkan diutamakan bagi pemangku kepentingan seperti pejabat daerah dan seluruh masyarakat sipil agar memahami tentang penanganan dan penanggulangan bencana.

Mengingat kegiatan Musyawarah Nasional turut diikuti oleh para delegasi dari kampus-kampus di luar Aceh, maka nantinya akan menjadi bahan untuk membahas isu-isu terkini, termasuk memilih formatur kepengurusan baru lembaga SAR mahasiswa tingkat Nasional yang akan meneruskan estafet kepemimpinan selanjutnya.

“Ini adalah kegiatan rutin yang kita selenggarakan secara bergilir pada perguruan tinggi seluruh Indonesia. Sebagai penutup kita ucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada Bapak Rektor Unimal dan semua pihak yang telah ikut membantu kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses, “ ujarnya.

Febri berharap kegiatan seminar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang potensi ancaman bencana alam di masa mendatang. Sehingga dengan berbekal pengetahuan yang diserap dalam seminar itu dapat mengambil tindakan pencegahan dan penanganannya sejak dini. (b09)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *