Waspada
Waspada » Ujian SKD CPNS Pemko Langsa Dibuka
Aceh

Ujian SKD CPNS Pemko Langsa Dibuka

Waspada/dede Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM saat memantau pelaksanaan ujian Seleksi Kopetensi Dasar (SKD) peneriman CPNS Formasi tahun 2019 Pemerintah Kota Langsa di Gedung Laboratorium IAIN Langsa, Senin (27/1).

LANGSA (Waspada): Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM membuka pelaksanaan ujian Seleksi Kopetensi Dasar (SKD) peneriman CPNS Formasi tahun 2019 Pemerintah Kota Langsa di Gedung Laboratorium IAIN Langsa, Senin (27/1).

Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM mengucapkan selamat datang dan selamat berjuang kepada para calon PNS tahun 2020.

Pelaksanaan SKD PNS ini guna memenuhi kebutuhan PNS di lingkungan Pemko Langsa tahun 2019 sesuai Kepmen Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 731 tahun 2019.

Marzuki Hamid menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan ini jangan dibawa stres, mungkin jika tidak lulus pada tahun ini, ke depan ada jalan lain yang lebih baik di berikan kepada kita.

“Saya harap dengan adanya peluang ini, kita dapat meningkatkan SDM yang unggul demi kemajuan Kota Langsa ke depan,” sebutnya.

Dijelaskannya, pelaksanaan SKD CPNS sekarang sepenuhnya telah menggunakan Sistem CAT (Computer Asisment Test) sejak beberapa tahun silam yang dimulai pertama kalinya pada tahun 2013.

“Sementara untuk formasi di Kementerian dan tepatnya sejak tahun 2014 mulai dilaksanakan untuk seluruh instansi pemerintah baik pusat maupun daerah,” katanya.

Ditambahkan Marzuki, standar kelulusannya untuk tes SKD mengacu kepada passing grade yang telah ditetapkan oleh pemerintah di bawah kendali Kemenpan RB yaitu untuk lulus tes SKD, maka saudara harus lulus passing grade dari tiga bagian soal yang telah ditetapkan yakni, Tes Kepribadian (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Diakui Marzuki Hamid, pelaksanaan SKD CPNS dengan sistem CAT telah menciptakan sebuah proses seleksi yang transparan dan objektif, hasilnya akan langsung ditampilkan sesudah saudara menyelesaikan ujian CAT ataupun waktu yang diberikan telah habis.

“Anda akan langsung tahu apakah anda lulus atau tidak, sehingga tidak ada sedikitpun potensi kecurangan yang dapat dilakukan oleh pihak-pihak tertentu,” ungkapnya.

Kemudian yang menentukan kelulusan ujian SKD CPNS tersebut adalah murni dari peserta itu sendiri, baik kemampuannya, usahanya yang maksimal maupun doa yang selalu dipanjatkan sesudah melewati proses usaha-usaha tersebut sebelumnya yaitu belajar, belajar dan belajar.

Sementara kepala BKPSDM kota Langsa Samino SH, mengatakan seleksi CPNS ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 27 Januari s/d 29 Januari 2020. Untuk peserta sebanyak 835 dari jumlah pendaftar 963 orang dan 128 orang tidak memenuhi syarat.

“Peserta di bagi dalam 10 sesi dimana setiap sesi diikuti oleh 90 orang peserta dan setiap sesi dengan jumlah waktu 90 menit sedangkan materi tentang TWK, TIU dan TKP,” jelas nya.

Dia menambahkan untuk nilai kelulusan mengacu pada peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi nomor 24 tahun 2019. “Kelulusan SKD peserta harus mencapai ambang batas diantaranya TWK 65, TIU 80 dan TKP 126,” terang Samino.(m43)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2