TNI-Polri Kawal Pelaksanaan Vaksinasi Lansia Di Langsa

TNI-Polri Kawal Pelaksanaan Vaksinasi Lansia

  • Bagikan
Pelaksanan vaksinasi tahap I bagi para warga lanjut usia (Lansia) dan masyarakat di Puskesmas jajaran Kota Langsa, Kamis (3/6). TNI-Polri Kawal Pelaksanan Vaksinasi Lansia. Waspada/dede
Pelaksanan vaksinasi tahap I bagi para warga lanjut usia (Lansia) dan masyarakat di Puskesmas jajaran Kota Langsa, Kamis (3/6). TNI-Polri Kawal Pelaksanan Vaksinasi Lansia. Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Personel TNI-Polri di Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur melaksanakan pendampingan pelaksanaan vaksin tahap I bagi para warga lanjut usia (Lansia) dan masyarakat di Puskesmas jajaran Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur, Kamis (3/6).

Seperti yang dilakukan personel TNI-Polri dari Koramil 22/Langsa Barat dan Polsek Langsa Barat mengawal langsung pemberian vaksin Covid-19 tahap-I bagi para Lansia di Aula Puskesmas Langsa Barat.

“Sebelum divaksin, para penerima vaksin melaksanakan beberapa proses diantaranya, terlebih dahulu melaksanakan pendaftaran, dilanjutkan dengan pemeriksaan screening, kemudian dilakukan penyuntikan vaksin,” sebut Danramil 22/Langsa Barat, Kapten Inf Suharianto saat mendampingi salah satu warga melaksanakan pemeriksaan (screening) sebelum dilaksanakan vaksinasi.

Usai mendapatkan suntikan vaksinasi, khususnya para Lansia dan masyarakat tersebut harus menjalani observasi selama 30 menit sebelum diperbolehkan pulang dan meninggalkan tempat kegiatan.

Kapten Inf Suharianto menjelaskan, kegiatan ini adalah wujud kepedulian dari TNI-Polri kepada masyarakat khususnya para Lansia.

“Kami berharap setelah mendapatkan suntikan vaksin para Lansia ini tetap menjalankan Protokol Kesehatan dengan ketat, mengingat kekebalan tubuh semakin berkurang dibandingkan dengan yang masih usia muda,” ungkapnya.

Pendampingan TNI-Polri pada pemberian vaksin yang diberikan kepada Lansia dan masyarakat ini bertujuan agar masyarakat merasa aman dan nyaman ketika hendak diberikan vaksin Covid-19.

“Di sisi lain pengamanan ini juga suatu bentuk dukungan untuk program pemerintah yang selama ini menjadi momok di kalangan masyarakat terkait Covid-19 ini, untuk itu kami TNI-Polri selalu memberikan edukasi tentang bahayanya Covid-19 terhadap masyarakat,” katanya.

Pihaknya berharap pandemi ini sesegera mungkin cepat selesai, masyarakat dapat menjalankan aktivitas normal kembali, ekonomi masyarakat dan negara kembali normal. “Meskipun sudah dilaksanakan vaksinasi, kita semua harus tetap menjaga kesehatan dan tetap menjalankan prosedur kesehatan (3M) serta 3W (Wajib Iman, Wajib Aman, Wajib Imun), sesuai perintah komando atas, kita akan tetap aktif melaksanakan patroli dan imbauan Prokes kepada warga,” pungkasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Langsa, Ayu Artlinta, SKM, M.Kes menambahkan, pada pelaksanakannya, vaksinasi diprioritaskan untuk para Lansia, akan tetapi dibuka juga untuk masyarakat yang mau divaksin.

“Target wilayah di Kecamatan Langsa Barat sebanyak 150 orang, dalam sehari ditargetkan 30 orang, yang akan dibagi menjadi 5 gelombang dari tanggal 3 hari ini sampai dengan 07 Juni 2021 dari 13 Desa di Kota Langsa,” sebutnya seraya menambahkan, yang sudah registrasi hari ini 25 dan sudah divaksinasi 16 orang sementara pelaksanaannya sampai sore hari.

Ayu mengimbau, untuk para Lansia dan masyarakat agar dapat melakukan vaksinasi, sehingga dapat terhindar dari Covid-19. Apabila setelah divaksinasi masih menderita Covid-19, maka vaksinaai tersebut dapat mengurangi gejala Covid-19 dan menghindari komplikasi lebih lanjut.

Camat Langsa Barat selaku Ketua Satgas Wilayah Kecamatan Langsa Barat, Hady Wijaya, S.STP, M.SP juga menyampaikan apresiasinya atas kegiatan vaksinasi Covid-19 di wilayah Langsa Barat dan semoga dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan kita bersama.

“Terimakasih kepada Kapus bersama unsur Muspika Kecamatan Langsa Barat, yang telah memfasilitasi selaku leading sektornya pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” ucapnya.

Hady berharap kepada geuchik dan aparatur gampong serta tuha peut dapat bekerjasama, agar pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan lancar. “Tujuannya untuk melakukan pencegahan atau memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Langsa Barat, dan umum Kota Langsa,” tandasnya.

Turut meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) yang diwakili Kasdim Mayor Kav Dani Syahputra, S.A.P, Kapolres Langsa Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH, Wakapolres Langsa Kompol Muhammad Dahlan, SH, MH, Kabag Ops Polres Langsa Dheny Firmandika, S.Ab, SIK, Kapolsek Langsa Barat Iptu Mulyadi, SE, Kepala Dinas Kesehatan dr. Herman.(b13)

 

  • Bagikan