Tim PKM Dosen Unsam Latih Kelompok Usaha Budidaya Lele - Waspada

Tim PKM Dosen Unsam Latih Kelompok Usaha Budidaya Lele

  • Bagikan

LANGSA (Waspada): Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Dosen Universitas Samudra memberikan pelatihan kepada Kelompok Usaha Budidaya Ikan Lele (Seungko), di Gampong Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa Lama.

Tim PKM Dosen Universitas Samudra terdiri dari Cut Elidar, SH, MH dari (Fakultas Hukum) bersama Surpistiwendi, SP, M.Si dari (Fakultas Pertanian Agri Bisnis) kepada Waspada.id, Minggu (17/10) mengatakan, kegiatan PKM bermula dari hasil observasi kelompok usaha yang diketuai Septia Herliansyah di mana terdapat beberapa permasalahan dan kendala.

Lanjutnya, adapun kendala atau permasalahan yang mereka hadapi diantaranya, tingkat kematian ikan lele yang tinggi begitu juga biaya pakan yang sangat mahal.

Kegiatan Tim PKM Dosen Universitas Samudra bersama Kelompok Usaha Budidaya Ikan Lele (Seungko), di Gampong Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa Lama, Minggu (17/10). Waspada/Munawar

“Jadi, berdasarkan permasalahan tersebut maka tim pengabdian dosen merancang kegiatan pelatihan yang bertujuan memberikan pendampingan dan solusi kepada kelompok usaha tersebut yang dimulai sejak Agustus hingga Oktober 2021,” ujar Cut Elidar.

Dikatakannya lagi, metode pengabdian yang dilakukan yaitu, penyuluhan dan pelatihan secara langsung terkait teknis serta cara budidaya ikan lele kolam yang baik agar dapat menguntungkan kelompok usaha.

Selain itu, Tim PKM Dosen Universitas Samudra juga memberikan bantuan sarana usaha budidaya lele kolam terpal berupa bibit lele, pakan, kayu, terpal, molase dan EM4 sesuai kebutuhan kelompok.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar dan dapat memberikan solusi bagi anggota kelompok usaha tersebut. Solusi yang ditawarkan adalah dengan teknologi sederhana yang memanfaatkan molase dan EM4 serta rancangan kolam terpal yang efisien,” sebut Cut Elizar.

Sementara, Tim PKM Dosen Universitas Samudra Surpistiwendi, SP, M.Si dari (Fakultas Pertanian Agri Bisnis) mengatakan, dari hasil kegiatan PKM tersebut yaitu, dapat menekan tingkat kematian lele sampai 15% dan dapat menekan biaya pakan sampai 25-30%.

Oleh karena itu, kami mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, Kelompok Usaha Lele sebagai mitra kami dapat meningkatkan pendapatan anggotanya melalui usaha budidaya ikan lele dengan kolam terpal, tambahnya.

“Semoga dengan kehadiran tim PKM di Gampong Meurandeh Dayah tersebut dapat membantu masyarakat mengatasi kesulitan ekonomi ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan berakhir,” imbuh Surpistiwendi.

Ketua Kelompok Usaha Ikan Lele (Seungko) Septia Herliansyah mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak Tim PKM Kampus Universitas Samudra. Semoga melalui pelatihan ini nantinya kelompok dan anggota dapat menjadi petani lele yang lebih baik dan berkembang. (b24)


  • Bagikan