Waspada
Waspada » Tim Gugus Tugas COVID-19 Pidie Tak Punya Skema Kerja
Aceh Headlines

Tim Gugus Tugas COVID-19 Pidie Tak Punya Skema Kerja

Awaluddin, S.Sos. M.Si, Ketua Fraksi PAN/PKB DPRK Pidie dan Fadhlullah TM Daud, ST, Wakil Bupati Pidie. Waspada/Ist
Awaluddin, S.Sos. M.Si, Ketua Fraksi PAN/PKB DPRK Pidie dan Fadhlullah TM Daud, ST, Wakil Bupati Pidie. Waspada/Ist

SIGLI (Waspada): Kinerja Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kabupetan Pidie perlu segera evaluasi karena dinilai tidak memiliki skema dalam melaksanakan tugas.

“Hari ini siapa melakukan apa, itu belum jelas dari Tim Gugus Tugas tersebut. Kemudian, apa-apa yang dilakukan, dan kemudian bagaimana melihat data yang sebenarnya. Lalu bagaimana memberikan sosialisasi, bagaimana kemudian pada tahapan pencegehan pegobatan dan juga pada tahap pembenahan akhir,” kata Ketua Fraksi gabungan PAN/PKB Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Awaluddin, S.Sos, MSi, Senin (11/4).

Bahkan lanjut dia, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pidie belum memaparkan apapun kepada para wakil rakyat setempat. Karena itu, Awaluddin menilai dalam kondisi seperti ini perlu dilakukan pengawasan yang sangat kuat. Baik itu dilakukan oleh legislatif maupun itu dilaksanakan oleh masyarakat terhadap bantuan-bantuan yang tersebar di seluruh daerah.

Untuk melakukan pengawasan terhadap anggaran dan bantuan-bantuan sosial berkenaan dengan wabah virus Corona yang sedang melanda Kabupaten Pidie, DPRK telah membetuk Tim Pansus COVID-19.

Tim Pansus ini ujar Awaluddin, bekerja melakukan pengawasan yang ketat terhadap mekanisme, kemudian proses, mulai dari tahap pencegahan, pengobatan, hingga tahap pemulihan dan tahap-tahap segala macam.

Menurut dia, semua itu perlu analisa dan evaluasi yang baik. Untuk itu diharapkan dengan adanya pengawasan dari pihak legislatif, Tim Gugus Tugas COVID-19 di Kabupaten Pidie harus bekerja dengan maksimal.

Semua Pekerjaan Terjadwal Baik

Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kabupaten Pidie Fadlullah TM Daud, yang juga wakil bupati dengan santai menjalaskan, bahwa semua pekerjaan atau tugas terjadwal baik. Pun begitu kata dia, pihaknya sangat menghargai masukan dari anggota legislatif tersebut.

Konon lagi sekarang DPRK Pidie telah membentuk Pansus COVID-19, dan ini dapat menjadi ruang untuk saling memberikan masukan. Dalam kesempatan itu Wakil bupati Pidie Fadhlullah TM Daud juga menjelaskan, bahwa saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pidie siap siaga apabila terjadi sesuatu.

Untuk penanganan medis semua sudah disiapkan tim. Apabila ada pasien COVID-19 yang meninggal sudah disiapkan pula tim pemakaman, dan mereka itu sudah dilatih. Mulai dari tata cara menshalatkan jenazah sampai ke pemakaman dan termasuk tempat penginapan tenaga medis sudah dipersiapkan, apabila mereka tidak diterima di lingkungan mereka.

Rumah sakit juga sudah mempersiapkan semuanya. Mulai dari ruang isolasi dan sebagainya. Kalau pencegahan sejak awal sudah dilakukan dengan melibatkan lintas instansi termasuk TNI/Polri semua sudah bekerja dan masih bekerja melakukan pencegahan. “ Kita hanya satu orang yang positif terjangkit, dan pasien itupun sekarang sudah dinyatakan negatif alias sudah sembuh. Jadi kita bekerja malah penuh dengan skema,” tandasnya (b10)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2