Tidak Vaksin Tahap Tiga, Nakes Akan Dikenakan Sanksi

  • Bagikan
Tidak Vaksin Tahap Tiga, Nakes Akan Dikenakan Sanksi
Tidak Vaksin Tahap Tiga, Nakes Akan Dikenakan Sanksi

PIDIE JAYA (Waspada): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya akan mengenakan sanksi bagi tenaga kesehatan (Nakes) yang belum melakukan vaksinasi tahap tiga atau booster.

Sekretaris Daerah Pidie Jaya, Ir Jailani yang dikonfirmasi Waspada.id, Kamis (28/10) membenarkan hal tersebut, dan sanksi itu dituangkan dalam surat dengan nomor 440/3911 perihal vaksinasi dosis ke-3 (booster) bagi tenaga kesehatan.

“Menyangkut teknis pelaksanaan sanksi dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan dan keluarga berencana,” kata Jailani melalui pesan singkatnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Pidie Jaya, Eddy Azwar mengatakan terkait surat tersebut sudah disampaikan kepada semua Kepala Puskesmas se-Kab. Pidie Jaya.

“Sudah kita instruksikan, namun terkait sanksi dilarang melakukan pelayanan dan bagi tenaga kesehatan (non PNS) diistirahatkan sementara belum diterapkan,” kata Eddy.

Sebelum menerapkan sanksi tersebut, Dinas Kesehatan akan melihat perkembangan seminggu ke depan apakah ada penambahan tenaga kesehatan yang melakukan vaksinasi tahap tiga atau booster.

“Minimal satu minggu ke depan, kita akan lapor ke pimpinan terkait hasil setelah dikeluarkan surat tersebut, dan apa tindakan yang harus dilakukan selanjutnya,” jelas Eddy.

Meningkat Drastis

Satu hari dikeluarkan surat tersebut, Rabu (27/10) kemarin, persentasi vaksin tahap III untuk tenaga kesehatan meningkat drastis.

“Meningkat dari 26 persen menjadi 32 persen, peningkatannya 6 persen dalam satu hari pasca dikeluarkan surat tersebut,” ungkap Eddy.

Selain dua sanksi tersebut, dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah Pidie Jaya itu juga ada sanksi tidak dapat diproses administrasi kepegawaian, namun hal tersebut belum dapat dikonfirmasi. Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Pidie Jaya, Helmi tidak bisa dihubungi, dan pesan singkat (whatsapp) belum dibalas (b23).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *