Waspada
Waspada » Tidak Ada Takbiran Keliling Di Aceh Tamiang
Aceh

Tidak Ada Takbiran Keliling Di Aceh Tamiang

Suasana Kota Kualasimpang ,Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (19/7) malam. Waspada/Muhammad Hanafiah

KUALASIMPANG (Waspada): Tidak ada malam takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H di Kabupaten Aceh Tamiang, namun takbiran untuk menyambut hari Raya Idul Adha tahun 2021 tetap dilaksanakan bergema di masjid dan mushala di Kabupaten Aceh Tamiang.

Hasil pengamatan Waspada di Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (19/7) malam, di halaman Kantor Bupati Aceh Tamiang di Karang Baru yang biasanya dijadikan sebagai titik kumpul sebelum berangkat untuk melaksanakan malam takbiran keliling tampak suasana sepi.

Begitu juga di jalan Ir.Juanda Karang Baru dan Kota Kualasimpang yang biasanya setiap malam Hari Raya Idul Adha tahun-tahun sebelumnya banyak kenderaan yang membawa rombongan malam takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Adha juga tahun ini tidak ada yang melintas untuk takbir keliling.

Meskipun begitu suasana di Karang Baru dan Kota Kualasimpang dibajiri warga yang mengenderai sepeda motor,becak mesin, kenderaan mobil pribadi, bus penumpang umum dan truk yang melintasi jalan, namun bukan rombongan untuk melaksanakan malam takbiran keliling menyambut Idul Adha 1442 H.

Pengamatan Waspada, arus lalu lintas juga berjalan lancar karena fihak Polres Aceh Tamiang menerjunkan personilnya dan begitu juga personil TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Tamiang ikut membantu mengantur arus lintas agar tidak terjadi macet di Kota Kualasimpang dan Karang Baru,Senin (19/7) malam.

Di Kota Kualasimpang tampak tumpah ruah warga yang mengenderai sepeda motor hanya berputar-putar mengeliling kota ,sebahagian dari warga yang tumpah ruah tersebut ada yang ingin berbelanja untuk berbagai kebutuhan menyambut Hari Raya Idul Adha.

“Kami keluar rumah pergi ke Kota Kualasimpang untuk membeli kueh untuk persiapan menyambut hari raya,”ungkap sejumlah warga yang sedang berbelanja membeli kueh “tunjuk” di depan Pasar Pagi Kota Kualasimpang, Senin (19/7)malam kepada Waspada.

Sedangkan toko-toko yang menjual pakaian,sandal dan sepatu di Kota Kualasimpang tampak sepi pengunjung .Begitu juga pedagang kaki lima musiman yang menjual pakaian ,sandal dan sepatu tampak sepi pembeli di Kota Kualasimpang.

Menurut informasi yang beredar malam takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H ditiadakan karena Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengeluarkan surat edaran (SE) nomor 440/12216 tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan shalat Hari Raya Idul Adha dan pelaksanaan qurban tahun 1442/2021 M.

Surat Edaran itu ditujukan kepada para Bupati/Walikota se-Aceh, para Staf Ahli Gubernur Aceh, para Asisten Sekda Aceh, para Kepala SKPA, para Kakanwil Kementerian/Non Kementerian Provinsi Aceh, para Kepala Biro Setda Aceh, serta pimpinan BUMN/BUMA dan Perbankan.

Surat Edaran itu dikeluarkan untuk memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha dan pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di tengah pandemi Covid-19 yang belum terkendali dan munculnya varian baru.

Beberapa ketentuan yang termuat dalam Surat Edaran itu seperti terkait malam takbiran. Takbiran pada malam menyambut Hari Raya Idul Adha pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid / mushalla, dengan mengikuti beberapa ketentuan.

Ketentuan Pertama, dilaksanakan secara terbatas paling banyak 10 persen dari kapasitas masjid/mushalla, dengan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Kedua, kegiatan takbir keliling dilarang untuk mengantisipasi keramaian atau kerumunan dan kegiatan takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid dan mushalla sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi di masjid dan mushalla.(b14)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2