Tiang Listrik Miring Di Abdya Ancam Keselamatan Warga - Waspada

Tiang Listrik Miring Di Abdya Ancam Keselamatan Warga

- Aceh
  • Bagikan

BLANGPIDIE (Waspada): Satu unit tiang listrik beton milik PT (Persero) Perusahaan Listrik Negara (PLN), yang terpancang di Daerah Milik Jalan (Damija), jalan milik Kabupaten di kawasan Desa Pante Pirak, Kecamatan Manggeng, Aceh Barat Daya (Abdya), nyaris tumbang dan sangat mengancam keselamatan pengguna jalan.

Dimana, tiang listrik beton yang berada persis kurang lebih sekitar 2 meter, dari badan jalan yang saban harinya diallui ratusan penduduk, dalam sejumlah desa di wilayah Kecamatan Manggeng itu, kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Tiang beton dengan taksiran berat sekitar 200 kilogram lebih itu, sudah miring ke arah badan jalan, hanya tinggal menunggu waktu tumbang saja.

Kondisi itu kian mengkwatirkan, dengan keadaan tanah disekitar pancangan tiang, yang sangat lembek dan mulai longsor. Ditambah tiang itu terpancang sangat dekat dengan tebing muara.

“Kita berharap, pihak PLN segera mengambil tindakan, untuk menyelamatkan tiang itu, sekaligus menyelamatkan penduduk dari hal-hal tidak diinginkan,” kata Marjan, salah seorang warga setempat di lokasi. Kamis (25/11).

Sunardi, warga lainnya dilokasi mengaku, pihaknya dan sejumlah warga lainnya, sudah melaporkan hal itu kepada aparatur desa, untuk diteruskan kepada pihak PLN. Akan tetapi katanya, hingga saat ini belum ada tanda-tanda untuk ditanggulangi.

“Paling tidak, adalah upaya untuk memasang tiang penompang sementara, agar tidak roboh ke jalan dan mengancam pengguna jalan,” sebutnya.

Dikatakan, tiang dengan panjang sekitar 7 meter, diameter atas 12,4 cm dan diameter bawah 21,7 cm, berat sekitar 200 kilogram lebih itu, cukup membahayakan keselamatan penduduk, jika tidak segera ditangani. Apalagi, saat ini Abdya dan sekitarnya, sering terjadi hujan disertai petir, juga angin kencang.

“Kami yakin, tiang itu tidak bertahan lama lagi, apalagi dekat dengan tebing muara. Jika dibiarkan begitu terus, dalam waktu dekat ini tiang dipastikan akan tumbang,” ujarnya.

Terkait masalah itu, Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Blangpidie, Rahadi Bakri Hasibuan, dimintai tanggapannya terpisah mengatakan, pihaknya akan segera menurunkan tim ke lokasi, dalam upaya mempelajari medan dan penanggulangan yang dibutuhkan.

“Kita akan koordinasikan dengan tim untuk proses tindak lanjut ke lokasi. Terimakasih atas informasinya,” katanya singkat.(b21)

  • Bagikan